Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Pelajar Berujung Rusuh, Mendikbud: Jangan Gampang Terprovokasi

Kompas.com - 26/09/2019, 08:52 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan pesan kepada para siswa yang mengikuti demonstrasi di sekitar gedung DPR dalam beberapa terakhir agar tidak mudah diprovokasi dan memercayai pemberitaan di media yang belum jelas kebenarannya.

“Saya meminta juga kepada para siswa, jangan gampang terpancing, terprovokasi, percaya dengan berita yang tidak bertanggung jawab,” ujar Muhadjir dalam keterangan yang diterima Kompas.com pada Kamis (26/9/2019).

Dia pun mengingatkan para peserta didik atau siswa harus dilindungi dari berbagai macam tindakan kekerasan atau lingkungan yang kemungkinan mengancam jiwa mereka.

Maka dari itu, Mendikbud juga menyampaikan pesan kepada para pejabat daerah agar terlibat dalam memastikan keamanan para siswa di daerah masing-masing.

Baca juga: Rusuh Demo Pelajar, Pengamat Pendidikan Ingatkan Mereka Sebenarnya Korban

“Kami ingatkan kepada pejabat daerah, gubernur, bupati, wali kota, dan kepala dinas pendidikan untuk memastikan bahwa peserta didik, para siswa yang ada di wilayah masing-masing aman, tidak terpengaruh oleh kegiatan-kegiatan unjuk rasa, demonstrasi, atau sejenisnya,” katanya.

Muhadjir pun mengatakan bahwa para orangtua siswa agar dapat memastikan keamanan anaknya masing-masing dan bisa tetap mengikuti aktivitas belajar di sekolah dengan baik.

Begitu pula dengan para guru dan kepala sekolah supaya dapat saling bekerja sama menjaga para siswanya dan tetap dapat melaksanakan kegiatan belajar-mengajar yang menjadi tanggung jawab mereka masing-masing.

“Kepada para orangtua, siswa, guru, dan kepala sekolah, saya mohon untuk kerja sama saling menjaga diri, menjaga putra-putranya, menjaga para siswanya, agar betul-betul melaksanakan tugas masing-masing dan memastikan bahwa para peserta didik belajar sebagaimana biasa,” tutur Muhadjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com