Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Mau Ambil PhD di Belanda? Jangan Lewatkan Kesempatan Ini!

Kompas.com - 08/11/2019, 16:45 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda lulusan pascasarjana Indonesia yang mau mengambil PhD di Belanda? Luar biasa! Itu adalah tantangan baru untuk Anda, maka pikiran Anda harus penuh dengan banyak pertanyaan.

Kenapa banyak pertanyaan? Sebab, selain lowongan menarik, Anda mungkin perlu tahu lebih banyak tentang budaya, kebiasaan, dan lingkungan kerja di negara baru tujuan Anda, yakni Belanda.

Itu adalah tantangan baru untuk Anda! Sebabnya, Anda sedang mencari peluang karir di luar negara asal Anda; Indonesia, sehingga banyak informasi yang akan Anda butuhkan ketika memikirkan karier dalam penelitian PhD Anda di Belanda.

Untuk itulah, Nuffic Neso Indonesia dan AcademicTransfer bekerjasama menyelenggarakan PhD Recruitment 2019 di Jakarta. Acara rekrutmen ini berlangsung di Erasmus Huis, Sabtu (16/11/2019) pekan depan.

Acara rekrutmen tersebut eksklusif untuk mahasiswa pascasarjana dan institusi Belanda, profesor dan perekrut. Tentu saja, ini adalah kesempatan Anda untuk berbicara langsung dengan para penyelia PhD Belanda yang memungkinkan Anda mendapat banyak ide penelitian. 

"Kenapa diadakan di Indonesia, karena di Indonesia banyak peluang untuk mendapatkan beasiswa PhD, misalnya dari LPDP, MORA, atau Dikti. Banyak juga yang sudah mendapatkan beasiswa, tapi sulit mendapatkan profesor pembimbing atau universitas, makanya kami mengadakan acara ini untuk memfasilitasi networking researcher," papar Koordinator Promosi PendidikancNuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari, Jumat (8/11/2019).

Inty menambahkan, bekerja dalam penelitian dan akademisi Belanda sangat menarik. Penelitian dan akademisi Belanda memiliki standar sangat tinggi.

Selain itu, semua universitas riset di Belanda punya peringkat tinggi dalam standar internasional dan berbagai subyek penelitian sedang dipraktikkan. Dalam beberapa disiplin ilmu, lanskap ilmiah Belanda bahkan terdepan di dunia, seperti sektor makanan, manajemen air, desain dan teknik (industri).

"Secara khusus, kandidat PhD diperlakukan secara berbeda dibandingkan dengan negara lain. Mereka tidak dianggap sebagai siswa, tetapi karyawan. Status itulah yang akan memberi mereka peran lain yang lebih terlihat dan bertanggung jawab dalam departemen universitas mereka," tutur Inty.

Adapun PhD Recruitment 2019 merupakan acara kedua kali yang digelar oleh Nuffic Neso Indonesia. Pada rekrutmen tahun lalu ada pengunjung yang berangkat melakukan penelitian PhD di Belanda dengan skema beasiswa MORA, dan bahkan ada yang akhirnya ditawari pekerjaan (PhD) oleh profesor yang mewawancarainya.

Nah, Anda tertarik dan berani?

Anda yang berminat silakan mendaftar dulu dan memasukkan CV Anda untuk diseleksi oleh para profesor yang berpartisipasi di PhD Recruitment 2019.

Atau, Anda mau cari sendiri lowongan PhD di Belanda? Silakan cek website universitas atau di job boards www.academictransfer.nl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com