Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prof. Bambang Hero Saharjo Raih Penghargaan Internasional "John Maddox Prize 2019"

Kompas.com - 13/11/2019, 14:50 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ilmuwan dan Guru Besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Bambang Hero Saharjo meraih penghargaan internasional John Maddox Prize 2019.

Prof. Bambang menyisihkan 206 calon terpilih dari 38 negara.

Pengumuman dan pemberian penghargaan internasional dilakukan di Wellcome Collection, Euston, London dan dilakukan puteri dari John Maddox, yakni Robyn Maddox. Pengumuman penghargaan dihadiri tidak kurang 100-an ilmuwan Inggris terkemuka dan diberikan pengantar dari editor majalah ilmiah terkemuka Nature.

Kabar penghargaan diraih Prof. Bambang ini disampaikan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, E. Aminudin Aziz dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Menurut Aminudin, dewan juri terdiri dari tokoh-tokoh ilmuwan Inggris yang dihimpun organisasi nirlaba, Sense about Science.

Baca juga: Kalahkan Dokter, Mahasiswa Koas FKUI Raih Penghargaan di Forum Internasional

Dewan juri menetapkan Prof Bambang sebagai pemenang karena kegigihannya menggunakan data penelitiannya sebagai bukti guna melawan pandangan salah terkait dengan kebakaran hutan di Indonesia.

"Prof Bambang telah banyak menggunakan fakta ilmiahnya di ruang pengadilan untuk menunjukkan kebenaran," ujar Aminudin.

Pencalonan Prof Bambang dilakukan seorang profesor Universitas Lancaster, Inggris yang melihat riset dan perjuangan Prof Bambang perlu mendapatkan apresiasi tinggi dan pengakuan ilmuwan lain dan dunia internasional.

Penganugerahan John Maddox Prize telah diberikan selama delapan tahun terakhir kepada para ilmuwan yang gigih mempertahankan pendapatnya berdasarkan fakta ilmiah dan diperoleh berdasarkan penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com