Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama UI dan China: Simulator PLTU Pertama Perguruan Tinggi

Kompas.com - 17/11/2019, 18:01 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia kini memiliki simulator pembangkit tenaga uap (PLTU) pertama yang berada di lingkungan perguruan tinggi. Simulator pembangkit tenaga uap bernama Power Plant Simulator and Scientific Research Educational Cooperation Center itu hadir di Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Jawa Barat.

Power plant simulator ini merupakan hasil kerja sama FTUI dengan China Shenhua Energy Company Limited Guohua Power Branch.

“Laboratorium ini akan menjadi pusat pembelajaran dan pelatihan bagi para tenaga kerja Guohua Energy di bidang pengoperasian, pengendalian, dan pemeliharaan PLTU," kata Dekan FTUI, Hendri D.S. Budiono seperti dikutip dari laman Universitas Indonesia.

Hendri menambahkan laboratorium simulator pembangkit tenaga uap juga bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa untuk penelitian dan pengembangan di bidang terkait.

Selain membangun Simulator PLTU, Shenhua bersama tim UI juga telah menyelesaikan Pre-Feasibility Study (pre-FS) untuk pembangunan PLTG di sekitar UI.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik Asia dalam Lulusan Kerja, Peringkat Berapa Indonesia?

“Dengan kerja sama ini, diharapkan UI dapat membantu industri ketenagalistrikan di Indonesia dalam meningkatkan kapasitas SDM yang kompeten. Di sisi lain, diharapkan juga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan ketenagalistrikan di Indonesia,” lanjut Hendri.

Dalam peresmian Power Plant Simulator and Scientific Research Educational Cooperation Center Senin lalu turut hadir Rektor UI Prof. Muhammad Anis; Dekan FTUI Hendri D.S. Budiono, President Director of Guohua Electric Power, Song Chan; dan Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PT PLN (Persero), Ahmad Rofik.

Peningkatan SDM handal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com