Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Eiffel, Studi S2/S3 Sambil Menikmati Wisata Perancis

Kompas.com - 23/11/2019, 07:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Perancis menjadi salah satu kota favorit destinasi wisata dunia karena keindahan kota dan alamnya. Perancis juga dikenal dengan kualitas pendidikan dan keramahan penduduknya yang terbuka kepada pendatang baru.

Tertarik melanjutkan studi S2 dan S3 sambil menikmati liburan di sana? 

Mengapa tidak? Pemerintah Perancis melalui Eiffel Excellence Scholarship Program 2020 kembali menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia untuk melanjutkan kuliah Master dan PhD.

Program ini menerima mahasiswa yang akan melanjutkan ke program Master’s degree, Engineering program, atau Joint-doctoral program.

Program studi yang ditawarkan Beasiswa Eiffel meliputi: Hukum, Ekonomi dan Manajemen, Teknik (tingkat S2), Sains dalam lingkup lebih luas (tingkat PhD), serta Ilmu teknik seperti Mathematics, Physics, Chemistry, the Life Sciences, Nano-and Biotechnology, Earth Sciences, Space Sciences, Environmental Sciences, serta Information and Communication Sciences and Technologies.

Baca juga: Tawaran Beasiswa S1 NUS Singapura, Tunjangan Hidup Capai Rp 60 Juta

Cakupan beasiswa

1. Para penerima beasiswa dari Pemerintah Perancis yang mendaftar di universitas negeri di Perancis akan dibebaskan biaya perkuliahan.

2. Tunjangan bulanan sejumlah 1.181 euro (sekitar Rp 18,3 juta) untuk penerima beasiswa master dan 1.400 euro (sekitar Rp 14,7 juta) untuk penerima beasiswa PhD.

3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia dan Perancis (termasuk tiket kereta api dari/ke lokasi kampus pada awal dan akhir beasiswa).

4. Penggantian biaya transportasi lokal

5. Asuransi kesehatan

6. Bantuan tempat tinggal

Syarat peserta

1. Bukan warga negara Perancis.

2. Berusia maksimal 30 tahun untuk program Master (lahir setelah bulan Maret 1989) atau maksimal 35 tahun untuk pelamar program PhD (lahir setelah bulan maret 1984) pada tahun 2020.

3. Pengajuan beasiswa tidak diajukan sendiri, tetapi diajukan oleh lembaga perguruan tinggi Perancis yang telah menyetujui aplikasi lamaran perkuliahan.

4. Beasiswa ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin mendaftar program master, sekolah teknik, maupun untuk mahasiswa doktoral yang akan melakukan penelitian di Perancis sebagai bagian dari joint-doctoral program.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com