Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Hijau Terbaik di Dunia Tahun 2019 Adalah...

Kompas.com - 08/12/2019, 08:30 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wageningen University & Research, Belanda menjadi Kampus Hijau Terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2019.

Sementara, peringkat kedua dan ketiga diraih oleh University of Oxford, Inggris dan University of California Davis, Amerika Serikat.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kompas.com, Wageningen University & Research masih menjadi perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu dunia sejak 2017.

Universitas Wageningen memiliki keunggulan hampir pada seluruh kriteria di UI GreenMetric bahkan memperoleh nilai maksimal pada empat kriteria yaitu Pengelolaan Enegi dan Perubahan Iklim (EC), Pengelolaan Limbah (WS), Pengelolaan Air (WR), dan Pendidikan (ED).

Universitas ini merupakan universitas pertanian dalam seluruh aspek perkuliahan dan penelitiannya.

Wageningen dan Oxford

Universitas Wageningen mendapatkan total skor penilaian sebesar 9075. Universitas Wageningen mendapatkan skor masing-masing yaitu Infrastruktur (1125), Energi dan Perubahan Iklim (1800), Penanganan Sampah (1800), Pengolahan Air (1000), transportasi (1550), serta pendidikan (1800).

Baca juga: 25 Kampus Hijau Terbaik di Indonesia Tahun 2019, Ini Daftarnya

Sementara itu University of Oxford menunjukkan keunggulannya pada Pengelolaan Enegi dan Perubahan Iklim (EC) karena memiliki tiga sumber energi terbarukan, yaitu Solar Cell, Geothermal, Combine Heat and Power dan pengelolaan smart-eco building yang sudah mencapai lebih dari 75 persen.

Selain itu, universitas ini juga memiliki keunggulan pada Pengelolaan Limbah (WS) dan Pengelolaan Air (WR).

University of California Davis yang meraih peringkat ketiga memiliki jurusan environmental science yang bereputasi tinggi serta sangat berkomitmen kuat untuk menjaga lingkungan kampusnya tetap asri.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

UI GreenMetric memilih kriteria yang dianggap penting oleh universitas yang peduli dengan isu pembangunan keberlanjutan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com