Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Lulusan Terbaik Lensa Academy Pamerkan Karya Visualnya

Kompas.com - 09/12/2019, 12:22 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Visual Collaborative Exhibition Lensa Community memamerkan karya visual dari empat orang lulusan terbaiknya dari masing-masing genre dan para pemula di bidang audio visual.

Pameran Visual Collaborative Exhibition merupakan puncak rangkaian kegiatan Lensa Community di sepanjang 2019. Pameran bertempat di Senayan City lantai itu berlangsung sejak Jumat sampai Minggu (6-8/12/2019).

Keempat lulusan terbaik itu adalah Alisyam seorang videografer dan pemenang Lensa Vietnam Challenge dari Yogyakarta, Amri Rossada, seorang drone pilot dan pemenang Lensa Vietnam Challenge dari Jakarta, Hari Obbie seorang vlogger dan lulusan terbaik Lensa Academy Malang, dan Hutomo Abrianto seorang fotografer, serta lulusan terbaik Lensa Academy Yogyakarta.

Sigit Diapsoputra dari Lensa Community selaku penyelenggara mengatakan pameran ini menampilkan karya hasil lulusan terbaik Lensa Academy yang diselenggarakan di 10 kota mulai Januari sampai Oktober 2019 dan Lensa Vietnam Challenge pada 24 Juli 2019 sampai 28 Oktober 2019.

"Mereka menangkap keindahan destinasi dan budaya Vietnam dari empat medium dan genre visual berbasis lensa. Kami berharap bisa memberi kesempatan seluas-luasnya bagi semua pegiat seni visual berbasis lensa di Indonesia," kata Sigit, Minggu (8/12/2019).

Lensa Academy itu sendiri merupakan kegiatan workshop dan kompetisi para pegiat seni visual berbasis lensa yang dijalankan di 10 kota besar di Indonesia. Di setiap kota dipilih 3 peserta terbaik yang berkesempatan mengikuti kegiatan Lensa Project Capture Vietnam.

Sigit mengatakan keempat lulusan terbaik Lensa Academy itu memamerkan tangkapan visual keindahan Vietnam sesuai kompetensi masing-masing, yaitu karya video drone, karya video sinematic, karya vlog dan karya foto. Tak heran, pameran ini menjadi sebuah sajian karya seni kolaboratif yang bertujuan memberikan pengalaman bagi para penikmat visual.

Lensa Academy itu sendiri merupakan kegiatan workshop dan kompetisi para pegiat seni visual berbasis lensa yang dijalankan di 10 kota besar di Indonesiadok Lensa Academy Lensa Academy itu sendiri merupakan kegiatan workshop dan kompetisi para pegiat seni visual berbasis lensa yang dijalankan di 10 kota besar di Indonesia
"Genre seni visual mereka berbeda-beda dan hasil karya para pengiat seni visual berbasis lensa ini bukan dari kalangan profesional. Tapi, sebelum Lensa Project di Vietnam ini mereka harus lebih dulu melakukan riset dan membuat konsep tentang destinasi dan kultur yang ada di Vietnam. Mereka juga harus bekerjasama membuat membuat konsep karya yang bersifat kolaboratif," papar Sigit.

Proses berburu gambar di Vietnam itu memakan waktu 4 hari dengan medan cukup menantang, mulai menaiki 500 anak tangga di Mua Cave hingga mengarungi perairan di sekitar Ha Long Bay. Total ada 7 destinasi yang mereka datangi.

Selama proses tersebut, Lensa Community memercayakan Sim F, yakni sutradara film dan televisi komersial sebagai pimpinan proyek. Sutradara Film Susi Susanti Love All ini juga ikut andil dalam proses penyaringan hingga terpilih empat pemenang dan lulusan terbaik yang berangkat ke Vietnam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com