Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Siswa, 6 Hal Perlu Diperhatikan Saat Daftar SNMPN 2020

Kompas.com - 08/01/2020, 18:55 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Politeknik Negeri se-Indonesia sudah dibuka mulai 6 Januari 2020 hingga 6 Maret 2020 mendatang.

Kamu yang lulus sekolah pada tahun 2020 bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN).

Dikutip dari halaman resmi SNMPN, informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SNMPN dapat diakses pihak sekolah melalui situs https://snmpn.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya.

Alur pendaftaran SNMPN dimulai dari tahap politeknik menyiapkan undangan SNMPN ke sekolah berupa username dan password untuk bisa login ke Sistem SNMPN di website https://snmpn.politeknik.or.id/sekolah/login.

Sekolah yang belum menerima undangan bisa mendaftarkan diri ke halaman https://snmpn.politeknik.or.id/sekolah/registrasi dengan memasukkan terlebih dahulu data NPSN kemudian Cek.

Jika belum ada, sekolah harus mengisi data-data yang mulai dari NPSN, berkas-berkas surat pengangkatan kepala sekolah, dan lainnya.

Baca juga: 6 Tahap Prosedur Pendaftaran SNMPN 2020 untuk Pihak Sekolah

Nah, jika sistem telah meng-generate username dan password siswa otomatis, sehingga pihak sekolah bisa langsung mencetak dan mendistribusikan ke masing-masing siswa.

Sebagai siswa, kamu juga perlu melengkapi formulir pendaftaran SNMPN 2020.

Berikut alur pendaftaran SNMPN 2020 yang mesti siswa ikuti:

1. Melengkapi data

1. Siswa yang sudah menerima username dan password, bisa login ke https://snmpn.politeknik.or.id/siswa/login, dan harus segera melengkapi formulir pendaftaran yaitu data:

  • Biodata Siswa
  • Data Keluarga
  • Data Ekonomi
  • Data Raport diisi sesuai dengan semester yang dijalani siswa
  • Menambahkan 3 prestasi akademik/kurikuler terbaik
  • Pilihan Jurusan Politeknik ( Siswa memilih 2 Politeknik dan 3 Prodi, dengan penempatan bebas)
  • Mengisi KAP dan PIN Bidik Misi jika Peserta Bidik Misi (Jika Siswa ingin mengikuti jalur bidik misi silahkan daftar di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)
  • Finalisasi

Siswa dapat melengkapi data yang diminta mulai tanggal 6 Januari –6 Maret 2020. Apabila Siswa yang sudah mendapat username dan password tidak login selama 7 hari maka username dan password akan hangus dan Sekolah harus merekomendasikan ulang Siswa tersebut.

2. Cetak hasil isian

Siswa mencetak hasil isian (printout) formulir pendaftaran tersebut

3. Mempersiap berkas

Berkas-berkas yang harus disiapkan oleh siswa antara lain:

  • Print out Bukti Pendaftaran
  • Foto kopi rapor semester 1 s/d 5 yang telah dilegalisir
  • Pas foto berwarna ukuran 4x6 (2lembar)
  • Foto kopi akte kelahiran atau Surat Kenal Lahir
  • Foto kopi sertifikat 3 prestasi akademik / kurikuler terbaik yang dibuktikan dengan lampiran sertifikat yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang dicapai selama di Sekolah Menengah (selain itu akan diabaikan)
  • Surat keterangan lain yang disyaratkan oleh Politeknik yang dipilih (lihat keterangan syarat khusus dari politeknik yang bersangkutan)
  • Persyaratan tambahan khusus siswa / pendaftar bidik misi:
  • Mengirimkan 2 berkas (1 berkas untuk persayaratan (SNMPN dan1 berkas format sesuai aturan bidikmisi dikti, silakan lihat di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)

4. Pengumpulan kolektif berkas

Pihak Sekolah menerima semua berkas pendaftaran dari siswa (jika kolektif)

5. Pengiriman berkas

Pihak Sekolah secara kolektif atau siswa secara mandiri mengirim berkas pendaftaran SNMPN ke alamat Politeknik yang menjadi Pilihan Pertama Siswa.

 

Hal ini hanya berlaku bagi politeknik yang memerlukan pengiriman berkas. (Pengiriman maksimal 1 minggu setelah siswa melakukan FINALISASI CAP POS)

6. Unggah bukti pengiriman berkas

Siswa mengunggah bukti pengiriman berkas ke politeknik yang bersangkutan pada halaman https://snmpn.politeknik.or.id/siswa/finalisasi. (berlaku bagi siswa yang mengirimkan berkas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com