Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA 7 Mataram Juara 1 "Hilo Marketer Academy 2019"

Kompas.com - 10/01/2020, 20:01 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim SMA Negeri 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat berhasi meraih juara pertama "HiLo Marketer Academy 2019" setelah menyisihkan 10 tim terbaik di babak Grand Final tingkat nasional.

Adapun tim SMA Negeri 7 Mataram beranggotakan tiga siswa yaitu Muhammad Nune Huria Sakti, Siti Karin Kaoetsyar Sukarsa, Rusmansyah Abdul Salam dan satu guru yaitu Suryaningsih.

Tim SMA Negeri 7 Mataram mempresentasikan proyek berjudul "HiLo Marketers Academy from Mataram".

Salah satu anggota tim SMA Negeri 7 Mataram, Muhammad Nune Huria mengaku bisa belajar tentang dunia marketing dalam tahapan "Hilo Marketer Academy 2019". Dalam perjalanannya, mereka juga belajar tentang kerjasama tim.

Baca juga: Membanggakan, Siswa Indonesia Raih Prestasi di Ajang Olimpiade Sains Internasional

"Ini pengalaman pertama kali. Kami belajar dan menambah pengalaman jadi marketer," kata Nune kepada Kompas.com.

Ia bercerita pada tahap seleksi di daerah, timnya belajar melakukan penjualan-penjualan baik offline maupun online.

"Kami pernah mengalami penolakan karena dianggap abal-abal. Kami juga bagi-bagi waktu untuk ujian dan persiapan kegiatan. Pulang sekolah jam 2 siang lalu rapat-rapat," tambah Nune.

Pelatihan dan Kompetisi

Para pemenang Hilo Marketing 2019 di tingkat SMA/SMK.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Para pemenang Hilo Marketing 2019 di tingkat SMA/SMK.

HiLo menyelenggarakan kegiatan ini sebagai ajang pelatihan dan kompetisi untuk mengasah kompetensi pemasaran dan kewirausahaan pelajar siswa-siswi SMA dan SMK se-Indonesia.

Setelah melalui seleksi tingkat sekolah dan regional yang berlangsung sejak Februari 2019 dan melibatkan ribuan pelajar dari 370 SMA, SMK dan setingkatnya di 117 Kota/Kabupaten se-Indonesia, terpilih 10 tim terbaik yang maju ke babak Grand Final selama 2 hari di Jakarta.

"Melalui ajang HiLo Marketer Academy 2019, HiLo mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya untuk melatih kompetensi mereka di bidang pemasaran dan kewirausahaan sejak muda dengan praktik langsung dalam berwirausaha," kata Head of Marketing Nutrifood, Susana dalam siaran pers diterima Kompas.com.

Ia berharap ketika lulus nanti, teman-teman pelajar SMA/SMK bisa lebih siap dalam mengadapi revolusi industri 4.0. Selain itu, mereka bisa lebih siap berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan tambahan.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com