Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2020, 16:10 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang kian cepat dan lahirnya era Revolusi Industri 4.0 membuat perusahaan semakin membutuhkan lulusan yang tak hanya pintar secara akademis, namun juga dinamis mengikuti perkembangan zaman.

Lulusan yang memiliki skill atau kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri dinilai memiliki peluang kerja yang lebih menjanjikan, ketimbang lulusan yang hanya mengandalkan nilai akademik semata.

Melansir Rencanamu.id, apapun jurusan kuliah yang kamu ambil, serta posisi apa yang kamu lamar, ada sejumlah kemampuan "kekinian" yang membuat perusahaan "jatuh hati" dengan CV yang kamu tawarkan.

Baca juga: 5 Bahasa Asing Paling Banyak Dicari di Dunia Kerja

Berikut kemampuan-kemampuan pendukung nilai akademik yang membuat siswa lebih mudah mendapat peluang karier di dunia kerja.

1. Bahasa asing

Era di mana mobilisasi menjadi semakin mudah, membuat karyawan di banyak perusahaan dituntut mampu berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, maupun klien dari negara lain. Itu sebabnya, kemampuan bahasa asing sangat mutlak dibutuhkan di dunia kerja saat ini.

Bila bahasa Inggris kini dianggap sebagai bahasa kedua yang harus dikuasai, ada sejumlah bahasa asing lain yang bisa memperluas peluang kamu diterima di dunia kerja maupun saat mencari beasiswa, yakni Mandarin, Arab, Jepang, Korea, dan Jerman.

Baca juga: Sederet Hobi Ini Dapat Membuat Mahasiswa Mudah Cari Kerja

Mengingat kemampuan bahasa sangat mungkin untuk dipelajari dan tak memandang usia, maka tak ada salahnya kamu memperdalam kemampuan bahasa asing seraya mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja.

2. Public speaking

Public speaking bukanlah kemampuan berpidato, melainkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam berbagai situasi.

Di kantor misalnya, kemampuan public speaking yang baik akan membuat kamu mudah beradaptasi dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja maupun atasan, sehingga koordinasi pekerjaan berjalan dengan lancar.

Bisa dibilang, hampir semua profesi kini mengharuskan karyawan bisa melakukan presentasi terkait dengan proyek yang dilakukan.

3. Microsoft Excel

Buat kamu yang bekerja di bidang keuangan dan pengolahan data, kemampuan Microsoft Excel akan menjadi makanan sehari-hari. Menguasai program ini akan memudahkan kamu dalam bekerja sehingga kinerja menjadi lebih efektif.

Program Microsoft Excel juga bisa membantu kamu dalam membuat diagram presentasi. Jadi, apapun posisi yang akan kamu lamar, usahakan untuk belajar program ini lebih dalam.

4. Adobe Photoshop

Kalau kamu berniat bekerja di industri kreatif, kemampuan Adobe akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Setidaknya, kamu bisa mengedit gambar atau foto dengan teknik editing sederhana.

Kemampuan ini semakin dibutuhkan, mengingat pemasaran melalui media sosial kini lebih mengutamakan tampilan visual untuk menarik minat pelanggan maupun klien.

5. Search Engine Optimization (SEO)

Buat mahasiswa yang belum terlalu paham apa itu Search Engine Optimization (SEO), baiknya segera mencari tahu dasar-dasar SEO. Singkatnya, SEO akan membuat konten online milik perusahaan lebih mudah diidentifikasi di mesin pencarian.

Baca juga: Beasiswa D3 untuk SMA/SMK, Bisa Kerja di Perkebunan Kelapa Sawit

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com