Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Sambil Kerja? Tak Masalah, Ini 7 Tips agar Hidup Tetap Seimbang

Kompas.com - 29/01/2020, 15:42 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bagi kamu yang saat ini berencana kuliah tapi memiliki keterbatasan ekonomi, tidak usah khawatir. Selain bisa mencari beasiswa, kamu juga bisa kuliah sambil kerja.

Ada banyak manfaat ketika kamu kuliah namun juga sambil bekerja. Selain mandiri secara finansial, kamu sudah memiliki banyak pengalaman dan juga jaringan saat lulus nanti.

Manfaat itu tentu bakal kamu rasakan ketika kamu lulus kuliah. Namun yang jadi persoalan, bagaimana mengatur waktu antara kuliah dan bekerja itu bisa seimbang?

Dirangkum dari laman resmi Universitas Pasundan, berikut 7 tipsnya:

Baca juga: Ingin Kuliah Sambil Kerja, UGM Buka Rekrutmen Tenaga Paruh Waktu

1. Kuatkan mental

Ketika memutuskan untuk kuliah sambil kerja, ini adalah pilihan. Karenanya, kamu harus memiliki mental kuat.

Mahasiswa lain menghabiskan waktu 24 jam untuk kuliah, main, berorganisasi, atau bersenang-senang. Namun sebaliknya, kamu harus mengorbankan sebagian kesempatan di sela kuliah untuk bekerja.

Disaat itulah mentalmu diuji kuat atau tidaknya menjalani kehidupan ini. Kalau berhasil lolos, kamu bisa menjadi generasi paling tangguh di masa tersebut.

2. Pilih pekerjaan freelance

Agar tidak mengganggu waktu kuliah, maka kamu harus memilih pekerjaan paruh waktu atau freelance.

Kamu tidak perlu setiap hari bekerja, asalkan honor yang didapatkan cukup untuk tambahan. Misalnya, dengan bekerja sebagai guru les privat, penulis lepas, atau berjualan barang di marketplace.

3. Bagi waktu berorganisasi

Meski terkadang tidak mungkin, tetapi sebenarnya kuliah sambil bekerja tetap bisa ikut organisasi di kampus. Ini bisa diatasi jika kamu bisa membagi waktu secara seimbang.

Semisal, dari hari Senin sampai Kamis kamu harus bekerja. Berarti, carilah organisasi yang aktivitas rutinnya di luar waktu tersebut. Mudah, kan?

4. Tetap jaga kesehatan

Baca juga: Emil Dardak Dapat Tips Jaga Kesehatan dan Stamina dari Presiden Jokowi

Ini menjadi sangat penting karena kamu harus bisa membagi waktu. Ketika menjalani kuliah sambil bekerja, kamu mungkin mengalami kelelahan. Itu hal biasa, selagi tidak sampai jatuh sakit.

Tipsnya, terapkan pola hidup sehat dengan berpikir positif, rajin olahraga, dan menyantap makanan bergizi. Jangan lupa, perbanyak minum air putih agar cairan di dalam tubuh seimbang.

5. Jangan tunda tugas kuliah

Jika ada tugas kuliah, kamu tidak boleh menundanya. Meski lelah yang melanda seusai bekerja, sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk menunda tugas kuliah.

Kalau kamu belum bisa mengerjakannya sepulang kerja, cobalah menuntaskan di pagi hari. Karena ada kata bijak bahwa kebiasaan menunda akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com