Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Prodi Langka di Indonesia, Salah Satunya Teknik Nuklir!

Kompas.com - 05/02/2020, 21:27 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru tahun ini sudah dimulai dengan tahapan SNMPTN. Selanjutnya, ada penerimaan dari jalur SBMPTN.

Biasanya program studi (prodi) yang dipilih oleh calon mahasiswa baru adalah Teknologi Informasi, Ilmu Kedokteran, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik dan Teknik Sipil untuk bidang Sains dan Teknologi (Saintek).

Baca juga: 11 Prodi Favorit Calon Mahasiswa Baru di Indonesia dari Tahun ke Tahun

Sementara, di bidang Sosial Humaniora adalah Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Manajemen, Psikologi, dan Akuntansi.

Nah, ternyata di Indonesia ada sejumlah prodi langka alias hanya satu di Indonesia. Mau tahu apa saja prodi tersebut? Simak informasinya seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Manajemen Industri Katering

Program studi Manajemen Industri Katering merupakan salah satu bagian dari jurusan Pariwisata, tetapi prodi ini berfokus pada bidang kuliner.

Pada prodi ini, kamu akan belajar tentang pengetahuan dasar bidang kuliner lokal, nasional, dan internasional, manajemen operasional usaha kuliner, serta perencanaan, pengelolaan, hingga pemasarannya.

Saat ini prodi Manajemen Studi Katering merupakan yang pertama dan satu-satunya dalam jenjang Strata I (S1) di Indonesia.

Walaupun S1, tapi dalam kegiatan perkuliahannya juga akan di dapat kegiatan praktikum di laboratorium kitchen, disertai dengan praktik kerja lapangan yang dilaksanakan di hotel-hotel berbintang.

Prodi ini hanya bisa ditemukan di Universitas Pendidikan Bandung. Akreditasi jurusan ini adalah B.

2. Sastra Belanda

Pilihan prodi sastra di Indonesia terbilang banyak. Ada pilihan umum seperti Sastra Inggris, Sastra China, Sastra Jerman, Sastra Arab, Sastra Indonesia, dan sastra lainnya.

Dari sekian banyak pilihan prodi sastra, ternyata hanya ada satu kampus yang membuka prodi Sastra Belanda. Kamu bisa menemukannya prodi Sastra Belanda di Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini agar Lolos Seleksi SBMPTN 2020

Di prodi Sastra Belanda, kamu akan belajar tentang linguistik, sastra, sejarah, dan kebudayaan. Prodi Sastra Belanda UI memiliki akreditasi A.

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Siapa yang pernah mendengar prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen? Ya, prodi ini hanya ada di Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen mempelajari tentang pengembangan dan pemberdayaan keluarga.

Di prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen, kamu akan diajak belajar tentang upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga dan konsumen.

Prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen di IPB University memiliki akreditasi A.

4. Astronomi

Hingga saat ini, hanya Institut Teknologi Bandung yang membuka prodi Astronomi. Di ITB, prodi Astronomi dibuka di jenjang S1 hingga S3.

Pada program S1, kamu akan mempelajari benda-benda langit dengan menitikberatkan penerapan ilmu fisika terhadap benda langit, mempelajari struktur, sifat fisik evolusi alam semesta beserta kosmologi.

Akreditasi prodi Astronomi ITB ini adalah A. Jadi, siapa yang tertarik belajar tentang isi langit?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com