Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Ini Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Calon Mahasiswa Baru, SNMPTN 2020 Bisa?

Kompas.com - 19/02/2020, 06:15 WIB
Albertus Adit

Penulis


KOMPAS.com - Khusus bagi calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu dan lulus SMA, SMK, MA/Sederajat pada tahun 2018-2020, bisa mendaftar untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar ( KIP) Kuliah.

Dalam keterangan tertulis di laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im di Kantor Kemendikbud Jakarta, Senin (17/2/2020) menjelaskan terkait bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Dari keterangan itu, data yang diperlukan untuk pendaftaran KIP Kuliah sama dengan persyaratan mendapatkan Bidikmisi, yakni:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Alamat email

Baca juga: Jelang Seleksi Masuk Perguruan Tinggi, Ini Cara Daftar KIP Kuliah 2020

Nantinya, jika setelah diverifikasi oleh sistem maka calon akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Namun, bagaimana jika ada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu tetapi belum memiliki KIP atau orangtua mahasiswa belum terdaftar sebagai penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)?

Jawabannya, masih mungkin menerima KIP Kuliah selama lolos seleksi dan verifikasi kondisi ekonomi oleh perguruan tinggi terkait.

Pendaftaran KIP Kuliah di SNMPTN 2020

Lantas, apakah bisa KIP Kuliah digunakan untuk mendaftar seleksi masuk PTN melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020?

Jawabannya, pihak Kemendikbud mempersilahkan untuk mendaftar ke laman KIP Kuliah terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses.

Ternyata, KIP Kuliah juga bisa digunakan untuk mendaftar di jalur SNMPTN 2020. Untuk pendaftaran KIP Kuliah di SNMPTN dapat dilakukan pada awal bulan Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.

Baca juga: LTMPT Bagikan 7 Tips dan Trik Daftar SNMPTN 2020

Pendaftaran dilakukan secara online pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Namun, calon mahasiswa yang tidak membutuhkan dukungan KIP Kuliah dan ingin mendaftar seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN dapat melakukan pendaftaran hingga 27 Februari 2020.

"Bagi calon mahasiswa yang membutuhkan dukungan KIP Kuliah diharapkan untuk tenang dan memantau perkembangan di kanal Kemendikbud. Informasi lebih lengkap terkait KIP Kuliah akan diumumkan pada awal Maret," jelas Ainun Na'im.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com