Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finalisasi SNMPTN Pendaftar KIP Kuliah Hingga Maret, Ini Tahapannya

Kompas.com - 25/02/2020, 15:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - LTMPT melalui situs remisnya maupun laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin (24/2/2020), mengeluarkan rilis terbaru mengenai tahap pendaftaran SNMPTN bagi penerima KIP Kuliah.

Sesuai dengan Siaran Pers dari Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Nomor: 25/Sipres/A6/II/2020, tentang Bantuan Biaya Pendidikan KIP Kuliah, disampaikan sejumlah informasi berkenaan dengan Kegiatan Pendaftaran SNMPTN 2020.

Berikut 5 poin tahapan pendaftaran SNMPTN bagi penerima KIP Kuliah berdasarkan rilis terbaru LTMPT.

1. Daftar KIP Kuliah

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, disilakan mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni awal Maret - 31 Maret 2020.

Baca juga: Tips Cerdas Pilih PTN dan Jurusan agar Lolos SNMPTN 2020

2. Daftar SNMPTN bila sudah memiliki KIP Kuliah

Calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP Kuliah dimohon melakukan Pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59).

3. Daftar SNMPT untuk pendaftar/calon penerima KIP Kuliah

Calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP Kuliah (calon penerima KIP) dimohon tetap melakukan pendaftaran SNMPTN 2020 sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59) sampai mengisi prodi dan PTN.

4. Finalisasi SNMPTN pendaftar/calon penerima KIP Kuliah 

Bagi calon mahasiswa poin 3 diberi kesempatan untuk melalukan finalisasi sampai dengan akhir Maret 2020.

5. Sinkronisasi Data

Setelah masa pendaftaran KIP Kuliah berakhir, akan dilaksanakan Kegiatan Sinkronisasi Data antara Datar Pendaftaran SNMPTN di LTMPT dengan Data Penerima KIP Kuliah untuk keperluan seleksi. Pendaftaran dianggap sajh bila sudah melakukan finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum/tidak mendaftar SNMPTN.

Dengan kata lain, calon penerima KIP Kuliah tetap harus mendaftar SNMPTN sesuai jadwal, yakni yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59), hingga tahap mengisi prodi dan PTN, namun jangan finalisasi dahulu.

"Pendaftaran KIP Kuliah dimulai awal Maret mendatang. Boleh saja sudah mulai mendaftar dan mengisi informasi-informasi yang perlu dicantumkan di pendaftaran SNMPTN, tetapi kami imbau untuk jangan finalisasi terlebih dulu. Jika pendaftaran KIP Kuliah sudah rampung, baru pendaftaran SNMPTN dapat difinalisasi dan cetak kartu," jelas Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com