Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Tertular Corona, Disdik Depok Minta Sekolah Terapkan Pola Hidup Bersih Sehat

Kompas.com - 03/03/2020, 20:33 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Jawa Barat, Mohamad Thamrin mengimbau sekolah-sekolah di Kota Depok terus menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk mencegah penularan penyakit seperti corona.

Ia mengatakan para orangtua tak perlu panik dan khawatir secara berlebihan dalam menghadapi kasus corona yang terjadi di wilayah Depok.

"Sebenarnya, bukan hanya dunia pendidikan. Semua masyarakat harus waspada tapi jangan berlebihan. Gerakan pencegahan itu lebih baik daripada mengobati. Kami lakukan upaya ke sekolah-sekolah agar melakukan upaya PHBS, gerakan mencuci tangan," kata Thamrin kepada Kompas.com saat ditemui di Stadion Mahakam, Depok, Jawa Barat, Selasa (3/3/2020).

Thamrin mengatakan, sekolah-sekolah di Depok sudah melakukan PHBS. Imbauan kepada orangtua siswa juga telah diberikan sebelum ada warga Depok yang terkena virus Corona.

"Orangtua sudah kami imbau berikan bekal untuk anak yang akan sekolah. Makanan dan minum sudah disiapkan dari rumah. Anak-anak bawa tempat makan sendiri. Itu sudah kami lakukan sebelum corona masuk di Kota Depok," ujar Thamrin.

Baca juga: Agar Terhindar Virus Corona, Perhatikan 6 Hal Ini dari Akademisi

Ia juta meminta orangtua untuk memperhatikan aktivitas dan kesehatan anak-anak. Stamina dan kondisi kesehatan adalah kunci untuk mencegah terkena penyakit seperti corona.

"Jadi tak berlebihan kegiatan di luar sekolah. Itu kita jaga agar anak tak melakukan kegiatan berlebihan di luar sekolah. Jaga pola makan. Kalau anak sudah lelah, malas makan. Orangtua juga harus kita lakukan pendekatan agar anak punya bekal makan siang di sekolah masing-masing," ujar Thamrin.

Tindakan preventif penularan penyakit, lanjutnya, tetap dilakukan bukan hanya karena ramai virus corona. Penerapan PHBS di satuan pendidikan telah dilakukan dengan kerja sama Dinas Kesehatan Kota Depok.

"Dengan kondisi ini, kami sudah meminta membuat himbauan spanduk PHBS, pencegahan virus corona sudah saya sampaikan. Nanti secara resmi saya akan buat ke sekolah-sekolah terkait hal ini. Sehingga kita sudah punya tindakan preventif tak hanya corona, tapi semua penyakit sudah kita sikapi di setiap unit pendidikan," tambah Thamrin.

Kegiatan belajar mengajar tetap berjalan

Kegiatan belajar mengajar sekolah-sekolah di Depok, Jawa Barat, Selasa (3/3/2020) berjalan seperti biasa pasca-diumumkan dua warga Depok terjangkit virus corona. Siswa-siswa terlihat antusias melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

"Hari ini kegiatan belajar mengajar berjalan dengan seperti biasa. Semua lancar, Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Aliyah tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar," ujar Thamrin.

Baca juga: Suasana Kondusif, Kegiatan Belajar Mengajar di Depok Tetap Berjalan

Kompas.com memantau sejumlah sekolah di Depok khususnya di Kecamatan Beji, Pancoran Mas, dan Sukmajaya. Kegiatan belajar mengajar seperti di Sekolah Islam Hamidiyah, Cakrabuana, SD Mardi yuana, SD Yaspen Karakter Bangsa Plus, dan SD Bina Kheir tetap berjalan.

Siswa-siswa tetap belajar di kelas dan juga tetap bermain bersama teman di lapangan. Guru-guru juga terlihat antusias untuk mengajar.

Siswa-siswa baik dari SD hingga SMA juga terpantau masih beraktivitas di sekitar Jalan Siliwangi, Depok. Siswa-siswa terlihat menggunakan seragam sekolah dan beraktivitas mulai dari bercengkerama bersama teman, wisata kuliner, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com