Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses di Dunia Kuliah dari Mahasiswa Berprestasi UI 2019

Kompas.com - 05/03/2020, 19:58 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Menempuh pendidikan di jenjang kuliah tentu merupakan salah satu impian anak setelah lulus kuliah. Kamu akan menjalani perkuliahan sambil mengasah kemampuan berorganisasi sebelum tiba di dunia kerja.

Namun, dunia kampus tak semudah yang dibayangkan. Ada saja hambatan seperti tugas yang banyak, rasa malas, demotivasi, dan lainnya.

Kesuksesan kuliah dimulai dari menentukan program studi yang akan dipilih hingga menjalani dunia perkuliahan. Lalu seperti apa tips suksesnya?

I Gede Sthitaprajna Virananda selaku mahasiswa Ilmu Ekonomi angkatan 2016 FEB UI yang juga sebagai ahasiwa Berperestasi (Mawapres) UI dan Nasional tahun 2019 memberikan sejumlah tips sukses dalam memilih program studi dan menjalani dunia perkuliahan.

Tips tersebut diberikan di Balairung Universitas Indonesia (UI) pada acara Seminar Motivasi oleh Mawapres UI. Acara tersebut merupakan serangkaian acara UI Open Days 2020.

Jana panggilan akrabnya menjelaskan mengenai memilih program studi dengan menyesuaikan passion atau prospek kerja. Menurutnya jika memang sudah tahu passion-nya akan lebih baik untuk mengikuti passion tersebut.

Baca juga: 5 Keuntungan Punya Pengalaman Organisasi saat Kuliah

Ia juga menjelaskan bahwa hal itu dapat meringankan perjuangannya dan lebih senang melakukan pekerjaannya nanti. Di sisi lain, Jana juga mengatakan jika memang belum menemukan passion-nya nanti bisa mengikuti kegiatan yang ada.

Salah satunya seperti setelah menjadi mahasiswa yang penting masuk kuliah dan mencoba berbagai macam hal dan kegiatan untuk mengembangkan diri.

Selanjutnya, Jana menjelaskan mengenai persiapannya saat dulu akan melakukan tes SBMPTN. Ia mengatakan bahwa fokus utama belajarnya saat itu adalah belajar SBMPTN.

Jana bersama temannya sering melakukan simulasi tes SBMPTN sendiri. Caranya adalah mengerjakan berbagai soal dengan menggunakan timer dan hasilnya akan diperiksa bersama.

Jana juga membagikan beberapa tips untuk mengatur waktu. Beberapa tips tersebut, yaitu tidak menunda pekerjaan, memecah tujuan menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil, dan meminimalisir distraksi.

“Aku tuh suka ngerjain tugas dan cepet selesai. Aku berusaha banget siang-siang sore biar malamnya free. Kalau kerjaanku belum selesai, aku gak akan melakukan hal yang aku suka,” jelasnya seperti dikutip dari laman ui.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com