Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IWK UI Kenalkan Urban Farming ke Siswa SLB Nusantara Depok

Kompas.com - 13/03/2020, 10:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Ikatan Wanita Universitas Indonesia (IWK UI) mengenalkan Urban Farming melalui pelatihan untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) Nusantara di Beji, Depok pada Rabu (11/03/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh 90 siswa yayasan. Pemateri utama, Indriyati Puji Lestari memaparkan pentingnya urban farming saat ini.

“Karena lahan semakin berkurang, sedangkan kebutuhan manusia untuk sayuran dan buah-buahan tetap ada, maka diperlukan suatu cara menanam yang tidak memerlukan tanah. Metode hidroponik adalah salah satu jenis alternatif penanaman tanpa lahan,” ungkap Puji.

Hidroponik adalah metode menanam dengan menggunakan air, namun dengan jumlah yang sedikit dibandingkan dengan kebutuhan air saat menanam di atas tanah. Hidroponik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang paling mudah adalah dengan metode sumbu.

Baca juga: Sekolah Berkebutuhan Khusus, Ini 6 Jenis SLB yang Harus Kamu Ketahui

Arang, sekam, kerikil, sabut kelapa, dan serta media penompang seperti pipa berlubang-lubang adalah alat-alat pendukung dalam melakukan metode sumbu. Para siswa diajak berpraktik langsung oleh Puji untuk melakukan metode hidroponik.

Kegiatan bakti sosial adalah kegiatan rutin dari IWK. Menurut Drg. Pinta Ferawati, sebagai ketua pelaksana, tema hidroponik dipilih karena dinilai relevan dengan kondisi ketersediaan lahan saat ini, selain itu dinilai tema ini bermanfaat bagi siswa.

“Selain workshop hidroponik ini, kami juga memberikan logistik berupa beras, kecap, gula, teh, sabun mandi, serta makanan ringan. Dengan semua hal ini, kami berharap kegiatan bakti sosial ini membawa manfaat seluas-luasnya bagi para siswa,” ungkap Pinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com