Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Belajar Struktur Bumi bagi Siswa Kelas VIII SMP

Kompas.com - 04/04/2020, 14:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pembelajaran daring masih diberlakukan hingga saat ini. Meski tak bisa ke sekolah, para siswa masih dapat mencari referensi materi dari berbagai sumber.

Khusus bagi siswa kelas VIII SMP yang sedang mencari materi mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), berikut ini materi mengenai "Struktur Bumi" yang dirangkum dari Rumah Belajar Kemendikbud RI.

Pendahuluan

Perlu diketahui, bumi adalah planet ketiga dalam sistem tata surya dan menjadi planet untuk tempat tinggal paling ideal bagi makhluk hidup.

Baca juga: Yuk Mengenal Sistem Peredaran Darah Manusia, bagi Siswa Kelas X

Di dalamnya terdapat semua yang diperlukan untuk membantu kehidupan, termasuk berbagai macam mineral. Bentuk bumi bulat seperti bola.

Di dalam bumi tersusun oleh 3 lapisan, dari dalam keluar yaitu lapisan inti bumi, lapisan selimut bumi, dan lapisan kulit bumi.

Lapisan bumi ini mirip dengan struktur telur ayam, cangkang telur sebagai kulit bumi, putih telur seperti mantel bumi, sedangkan kuning telur sebagai inti bumi.

Untuk pembagian struktur dan lapisan yang menyusun bumi didapatkan dari hasil penelitian para ilmuwan. Lapisan-lapisan bumi dapat diketahui dengan mempelajari sifat-sifat fisika bumi yaitu:

  • dengan metode geofisika
  • dari kecepatan rambatan gelombang seismik
  • sifat kemagnetannya
  • gaya berat
  • data panas bumi

Dari data tersebut dapat diketahui bahwa bagian dalam bumi tersusun dari material yang berbeda-beda mulai dari permukaan bumi sampai ke inti bumi.

Lapisan inti bumi

Lapisan terdalam bumi membentuk inti Bumi. Inti bumi terbentuk dari material cair yang bertekanan sangat tinggi. Inti bumi tersusun dari mineral cair Besi (Fe) dan Nikel (Ni), disebut Nife.

Suhu di lapisan ini mendekati suhu permukaan matahari, yaitu sekitar 6.000 °C. Inti bumi terbagai menjadi dua, yaitu inti dalam bumi (inner core) yang berupa material padat, dan inti luar bumi (outer core) yang berupa cairan.

Lapisan inti luar bumi

Inti luar dapat dianggap sebagai bola logam yang sangat panas. Ketebalan inti luar sekitar 2.270 kilometer dan suhu sekitar 3.800 °C. Lapisan ini cair dan berisi besi dan nikel.

Para ilmuwan berpendapat bahwa sulfur dan oksigen juga terdapat dalam inti luar. Hal ini karena, kedua elemen ini mudah larut dalam besi cair.

Saat bumi berputar, inti luar (yang terdiri dari besi) berputar di atas inti dan menghasilkan medan magnet bumi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan di bumi. Salah satu manfaat medan magnet bumi yaitu melindungi bumi dari pancaran panas radiasi ultraviolet sinar matahari.

Baca juga: Ayo Belajar Fotosintesis, bagi Siswa Kelas VII SMP

Lapisan Selimut Bumi

Lapisan kedua dari dalam bumi adalah lapisan selimut atau selubung bumi atau mantel bumi. Lapisan ini merupakan lapisan terbesar, sebagian besar massa bumi (± 80%) berada dalam lapisan mantel ini. Suhu di lapisan ini diperkirakan sekitar 3.000 °C.

Beberapa ahli berpendapat kandungan selimut bumi adalah lava, namun sebenarnya tersusun oleh batuan yang panas. Batuan tersebut mendapat tekanan yang tinggi, dan karena terjadi perbedaan suhu antara lapisan mantel atas dengan lapisan mantel bawah menyebabkan batuan pada lapisan ini mengalami pergerakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com