Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untar Gelar Aksi Peduli Bersama Polri dan TNI untuk Masyarakat Terdampak PSBB

Kompas.com - 11/04/2020, 16:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ketika Pemerintah mengumumkan agar masyarakat bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, sebagian masyarakat terutama pekerja informal, merasakan dampak langsung.

Bukan saja jumlah korban terus bertambah namun kesulitan akses untuk bekerja seperti kondisi normal telah mulai dirasakan dan menimbulkan dampak ekonomi dan sosial bagi sebagian masyarakat.

Kondisi seperti ini menggerakkan sivitas akademika Universitas Tarumanagara (Untar) secara spontan dan sukarela memberi bantuan kepada masyarakat dengan menggelar “Untar Peduli Masyarakat Dampak Covid-19”.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama Polsek Tanjung Duren dan Koramil Grogol Palmerah pada Kamis (9/4/2020) untuk membantu masyarakat yang terkena imbasnya. Dari dana terkumpul, dibelikan berbagai kebutuhan sembako bagi warga sekitar kampus.

Baca juga: LTMPT Minta Lulusan SNMPTN 2020 Jadi Duta Pencegahan Covid-19

Peduli warga sekitar kampus

Donasi berbentuk paket sembako didistribusikan ke kelurahan-kelurahan terletak di Kecamatan Grogol Petamburan dan Palmerah, yakni Kelurahan Tomang, Wijaya Kusuma, Jelambar, Grogol, Tanjung Duren, Tanjung Duren Selatan, Jatipulo, dan Kota Bambu Utara.

Selain itu bantuan juga diberikan kepada mahasiswa Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) dari Papua.

"Kami berharap, kepedulian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, meskipun dalam skala terbatas," harap Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan.

Prof. Agustinus juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh pihak terlibat termasuk TNI dan Polri.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ibu Dosen, Karyawan, Mahasiswa, dan Alumni serta siapa saja yang telah berkenan memberikan donasi melalui Untar Peduli, serta

Polsek Tanjung Duren dan Koramil Grogol Palmerah yang membantu dalam pengawalan pendistribusian bantuan ini. Kita berdoa supaya Pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kita kembali ke kehidupan yang normal," ucap Guru Besar Teknik Mesin tersebut.

Sukarelawan penanggulangan Covid-19

Kepedulian Untar juga dilakukan dalam berbagai kegiatan antara lain sumbangan hand sanitizer ke beberapa puskesmas dan rumah sakit. Selain itu, beberapa mahasiswa Untar pun terlibat memberi bantuan alat-alat kesehatan serta menjadi volunteer dalam kegiatan penanggulangan Covid-19.DOK. UNTAR Kepedulian Untar juga dilakukan dalam berbagai kegiatan antara lain sumbangan hand sanitizer ke beberapa puskesmas dan rumah sakit. Selain itu, beberapa mahasiswa Untar pun terlibat memberi bantuan alat-alat kesehatan serta menjadi volunteer dalam kegiatan penanggulangan Covid-19.

“Bantuan ini bisa untuk menghadapi situasi yang sangat berat dialami masyarakat sekarang ini. Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih kepada Universitas Tarumanagara,” ujar Kapolsubsektor Tomang Iptu Kesar Manullang, S.H.

Danramil 03/Grogol Palmerah, Kapten Inf. Irwan menyampaikan, ”Dalam hal ini kami dari TNI Polri siap membantu apapun kegiatan untuk meringankan beban masyarakat dan kami siap turun ke lapangan, khususnya pada hari ini."

Kapten Inf. Irwan juga menyampaikan terima kasih kepada kampus Untar yang sudah turut mendukung dan membantu kesulitan masyarakat dengan bentuk bantuan sembako.

Baca juga: Ini Bentuk Robot Pelayan Pasien Covid-19 Inovasi ITS

 

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan kami berkewajiban mendistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Mudah- mudahan bantuan ini bisa diterima masyarakat,” ujar Kapten Inf. Irwan.

Wakil Rektor II Rasji, Ketua Lembaga Kemahasiswaan dan Alumni Adianto, serta Kepala Hubungan Masyarakat Paula T. Anggarina turut hadir dan mendistribusikan bantuan paket sembako pada kegiatan Untar Peduli.

Kepedulian Untar juga dilakukan dalam berbagai kegiatan. Sebelumnya telah diberikan sumbangan berupa hand sanitizer kepada beberapa Puskesmas dan Rumah Sakit.

Selain itu, beberapa mahasiswa Untar pun terlibat memberi bantuan alat-alat kesehatan serta menjadi volunteer dalam kegiatan penanggulangan Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com