Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hardiknas 2020, Ini 3 Kunci Ketahanan Sekolah di SMAN 3 Yogya saat Pandemi

Kompas.com - 03/05/2020, 12:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pembelajaran daring di SMA Negeri 3 "Padmanaba" Yogyakarta, sejauh ini dapat berjalan cukup baik meski di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

Target materi sesuai kompetensi dasar khususnya aspek pengetahuan tidak terlalu sulit untuk dicapai. Namun yang sulit dicapai adalah aspek keterampilan.

"Kami menyadari cara daring lumayan banyak kendala dan keterbatasannya, sehingga ketercapaian kompetensi keterampilan tidak bisa ideal," ujar Kepala SMAN 3 Yogyakarta Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I kepada Kompas.com, Sabtu (2/5/2020).

Baca juga: Mendikbud Nadiem dan Najwa Shihab Diskusi di Hardiknas 2020, Ini Isinya

Optimalkan aspek keterampilan

Menurut dia, di masa pandemi Covid-19 ini, upaya yang dilakukan sekolah untuk mengoptimalkan ketercapaian kompetensi pada aspek keterampilan antara lain:

  • Menganjurkan kepada bapak/ibu guru untuk memaksimalkan penggunaan google classroom dengan penugasan berupa presentasi, video, upload foto karya.
  • Atau pada saat online mata pelajaran bahasa dapat langsung berkomunikasi dengan siswa.

Untuk pendidikan seni budaya bisa kirim video tari, kolaborasi musik, unggah gambar, bahkan
beberapa siswa mengunggah di youtube dan instagram hasil karya mereka.

Dalam hal lain, pidato Mendikbud Nadiem Makarim dalam rangka Hardiknas 2020, menurut Maman Surakhman pidato Mendikbud cukup mengena, singkat, padat, dan kontekstual.

"Kami di sekolah menjadi semakin menyadari bahwa pembelajaran bisa dilakukan di mana saja, pendidikan yang efektif butuh kolaborasi yang sinergi antara guru, siswa dan orang tua," terangnya.

Sikap paling bijak menyikapi pandemik Covid-19 adalah mengambil hikmah dan pelajaran yang bisa diterapkan saat ini dan di masa yang akan datang.

Menyikapi hal tersebut, seluruh keluarga besar SMA Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta memandang perlu untuk membangun "Ketahanan Sekolah".

Adapun fokus program dan kegiatan bidang ketahanan sekolah itu meliputi:

1. Bidang ketahanan pendidikan

Bidaang ini dilakukan untuk memberikan jaminan kelangsungan pembelajaran, penilaian harian, penilaian akhir tahun dengan moda jarak jauh atau daring, termasuk penyelesaian dokumen kenaikan kelas dan kelulusan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain workshop secara online tentang pemantapan pembelajaran online dengan menggunakan Google Classroom bagi semua guru SMAN 3 Yogyakarta.

Membentuk tim pendamping pelaksanaan pembelajaran online, memberikan bantuan paket data internet bagi semua guru dan siswa, melakukan survei daring kepada peserta didik untuk evaluasi pelaksanaan pembelajaran, menganalisis dan menidaklanjuti hasil survei tentang pembelajaran jarak jauh atau daring.

2. Bidang ketahanan kesehatan

Ini diselenggarakan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi segenap warga SMAN 3 Yogyakarta.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain:

  • Menyusun protokol pencegahan COVID-19 di lingkungan SMAN 3 Yogyakarta.
  • Melakukan sosialisasi protokol pencegahan Covid-19 bagi segenap warga sekolah.
  • Memproduksi sendiri hand sanitizer untuk keperluan di sekolah.
  • Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, atau pihak lainnya seperti Pramuka untuk penyemprotan desinfektan di lingkungan sekolah, menyosialisasikan pola hidup sehat kepada semua warga sekolah baik di lingkungan sekolah maupun di rumah masing-masing.
  • Meningkatkan karakter siswa dengan mengefektifkan komunikasi antara orang tua siswa dengan sekolah melalui grup orang tua, kelas dan siswa bersama wali kelas masing-masing.
  • Melaporkan dan mengevaluasi pengembangan karakter siswa dan kemajuan pembelajaran siswa secara daring dengan menggunakan google form.
  • Menindaklanjuti hasil pengolahan dan analisa data kegiatan laporan dan evaluasi pengembangan karakter siswa dan kemajuan pembelajaran siswa secara daring.
  • Memfasilitasi layanan pendampingan psikologi dari guru Bimbingan Konseling.

Baca juga: Diskusi Mendikbud dan Najwa Shihab, Ini Dampak Positif-Negatif Corona di Dunia Pendidikan

3. Bidang ketahanan pangan

Diselenggarakan untuk mendukung penjaminan terpenuhinya kebutuhan ekonomi, terutama pangan, bagi segenap warga sekolah, yang meliputi:

  • guru
  • tenaga kependidikan
  • petugas kebersihan
  • petugas keamanan
  • pengusaha kantin
  • orang tua siswa
  • orang perorangan yang merupakan mitra dari SMAN 3 Yogyakarta berdasarkan prioritas yang ditetapkan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com