Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2020, 09:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Program tayangan Belajar dari Rumah di TVRI terus berjalan. Bagi anak-anak PAUD tentu bisa mendapat materi pelajaran dari tayangan "Jalan Sesama" setiap pagi pukul 08.00 WIB.

Jika kamu anak-anak PAUD yang tadi ketinggalan tayangan "Jalan Sesama" episode Kamis 7 Mei 2020, berikut ini rangkuman dari tayangan "Jalan Sesama". Jadi, orangtua bisa membaca rangkuman ini bagi anak-anaknya.

Adapun Belajar dari Rumah adalah upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Ini Rangkuman Tayangan Perdana Jalan Sesama bagi Anak PAUD di TVRI

Berikut ini 10 rangkuman tayangan Jalan Sesama episode Kamis (7/5/2020) pukul 08.00-08.30 WIB:

1. Belajar warna kuning

Pagi itu, Momon dan Tantan saling memberikan pertanyaan. Tantan bertanya pada Momon suka apa? Dan Momon menjawab suka krayon karena berwarna-warni.

Sedangkan Tantan suka pisang. Tetapi, Tantan juga suka krayon karena ada krayon warna kuning cocok untuk menggambar pisang.

2. Menggambar lingkungan

Ada anak kecil jalan-jalan di taman dan melihat ada anak anjing, ada anak kecil bermain bola, pohon seperti tersenyum dan pelangi yang cantik.

Kemudian, anak kecil itu menggambar semua yang ada di taman tadi seperti anak anjing, anak kecil main bola, pohon tersenyum dan pelangi.

3. Belanja sayuran

Ada anak kecil bernama Indah menemani ibunya berbelanja sayuran yang akan dimasak menjadi sayur asem. Dia belanja dari sayuran yang lewat depan rumahnya.

Pak sayur membawa sayuran di atas gerobak berisi kacang panjang, kacang tanah, labu, bayam, dan beberapa buah seperti pisang dan pepaya.

Ibunya Indah membeli sayuran tadi termasuk bumbu dapur seperti bawang merah, garam dan merica. Ada juga melinjo.

Melinjo itu juga berwarna-warni seperti merah, jingga, dan hijau. Ini semua bisa menjadi bahan belajar anak PAUD untuk belajar warna dan mengenal sayuran.

4. Belajar angka

Anak PAUD juga diajak belajar angka mulai dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, dan 12. Jadi hari ini belajar angka sampai angka 12.

5. Membaca dalam hati

Apa itu membaca dalam hati? Menurut Tantan, membaca dalam hati ialah membaca tanpa mengeluarkan suara atau tanpa mengucapkannya.

6. Binatang terbang

Pada tayangan ini, anak PAUD diajak belajar binatang mana yang bisa terbang. Disitu ada kucing, ikan dan burung. Jadi yang bisa terbang ialah burung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com