Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Kemanusiaan Kompas dan Dewan Masjid Indonesia Salurkan Bantuan dari Pembaca

Kompas.com - 13/05/2020, 17:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) terus bergerak menyalurkan bantuan kemanusiaan dari pembaca Harian Kompas sebagai upaya penguatan masyarakat terdampak Covid-19.

Pada momen Ramadan ini DKK berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia untuk mendistribusikan bantuan bagi imam dan marbot masjid, berupa 1.000 paket bahan pokok senilai masing-masing Rp 200.000, 2.000 helai masker kain, dan 2.000 butir vitamin C.

“Selama masa pandemi ini, masyarakat dianjurkan untuk beribadah di rumah, otomatis tempat ibadah seperti masjid menjadi sepi," jelas Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Rusdi Amral.

Ia melanjutkan, "Tapi bukan berarti masjid ditinggalkan dan dibiarkan begitu saja, para imam dan marbot inilah yang masih berjibaku mengurus masjid di tengah pandemi. DKK berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban mereka.”

Baca juga: Dana Kemanusiaan Kompas Salurkan Bantuan untuk Penyandang Disabilitas

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia H Imam Addaruqutni mengatakan, bantuan ini membuktikan bahwa masih ada kemanusiaan di tengah bencana.

“Pandemi Covid-19 sedang menguji kesadaran kemanusiaan kita. Dana Kemanusiaan Kompas telah membuktikan bahwa ada orang- orang bersedia membantu sesama yang sedang mengalami kesulitan," jelasnya, di Jakarta, Selasa (12/5/2020).

Ia menambahkan, "Semboyan kami adalah tidak ada lagi daerah slum di sekitar masjid. Dana Kemanusiaan Kompas telah memperkuat misi tersebut.” 

DKK berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia mendistribusikan bantuan bagi imam dan marbot masjid, berupa 1.000 paket bahan pokok senilai masing-masing Rp 200.000, 2.000 helai masker kain, dan 2.000 butir vitamin C.DOK. DANA KEMANUSIAAN KOMPAS DKK berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia mendistribusikan bantuan bagi imam dan marbot masjid, berupa 1.000 paket bahan pokok senilai masing-masing Rp 200.000, 2.000 helai masker kain, dan 2.000 butir vitamin C.

Selain bantuan untuk imam dan marbot masjid, DKK juga sebelumnya telah menyalurkan bantuan sebanyak 850 paket bahan pokok kepada warga terdampak Covid-19 di beberapa wilayah, antaranya;

  • RT 02/RW 04 Kelurahan Larangan Selatan,
  • RT 07/RW 08 Kelurahan Kramat,
  • RT 02/RW 03 Kelurahan Tegal Parang,
  • RT 10/RW 01 Kelurahan Cipayung,
  • RT 09/RW 01 Kelurahan Lubang Buaya,
  • RT 05/RW 05 Kelurahan Cimanggis Depok,
  • RW 09 Kelurahan Palmerah,
  • Yayasan Terus Berjuang yang merawat pasien TBC,
  • PORTURIN (Perhimpunan Olahraga Tuna Runggu Indonesia), dan
  • Wisma Tuna Ganda Cimanggis.

Baca juga: Terima Kasih, Bantuan Dana Kemanusiaan Kompas Mulai Disalurkan

Sementara itu, bantuan APD masih terus disalurkan untuk membantu melindungi para tenaga medis menjalankan tugasnya dalam penanganan Covid-19. Baju hazmat, kacamata gogle, sarung tangan medis, dan pelindung kepala serta wajah terus didistribusikan ke rumah sakit di berbagai daerah.

Rusdi menyatakan pekan mendatang DKK berencana menyalurkan bantuan kemanusiaan yang menyasar anggota PERTUNI (Persatuan Tunanetra Indonesia) dan para seniman yang terdampak Covid- 19 di Jakarta, Bali, Bantul, dan Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com