Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKI Jakarta Susun Metode Pembelajaran Virtual untuk ASN

Kompas.com - 15/06/2020, 16:54 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) DKI Jakarta berupaya menyusun kegiatan pembelajaran dengan metode virtual atau distance learning bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). (10/6/2020).

Kepala BPSDM DKI Jakarta, Maria Qibtya mengatakan, pihaknya memiliki tugas pokok dan fungsi melakukan pengembangan kompetensi bagi ASN.

"Kami tetap berupaya menyusun kegiatan pembelajaran dengan metode virtual dengan menyusun ulang materi berdasarkan kurikulum dan modul yang ada," kata Maria.

Ia melanjutkan, "sehingga, sasaran pengembangan kompetensi bagi ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dapat tercapai." 

Baca juga: Cegah Virus Corona, Kemendikbud Terapkan Kerja dari Rumah untuk ASN

Maria menjelaskan, BPSDM saat ini sedang menyusun sebanyak 40 kegiatan diklat secara distance learning yang dijadwalkan dimulai paling lambat awal Juli mendatang.

"Ada sejumlah kegiatan diklat yang materi pembelajarannya bersifat teknis sehingga biasa dilakukan secara tatap muka atau praktik" ungkap Maria.

"Kami sedang mengkaji secara matang kemungkinan bisa dilaksanakan dengan metode distance learning" ucap Maria.

BPSDM, kata Maria, juga sedang menginventarisir pelaksanaan diklat sesuai kebutuhan yang diajukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Kita akan melakukan setup ulang, jika pelaksanaan diklat di dalam kelas digelar selama empat hari, sedangkan melalui metode distance learning dibutuhkan waktu berapa hari lamanya," ungkap Maria.

Ia menambahkan, BPSDM DKI Jakarta telah merampungkan pelaksanaan bimbingan teknis secara elektronik atau e-bimtek yang berakhir pada 1 Juni 2020.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 61.964 ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Puluhan ribu ASN kecuali dari tenaga pengajar di Dinas Pendidikan tidak bisa mengikuti bimtek secara virtual karena bertugas memberikan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik jarak jauh." ucap Maria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com