Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LTMPT Perpanjang Proses Cetak Kartu UTBK-SBMPTN 2020 hingga Siang Ini

Kompas.com - 23/06/2020, 09:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan kesempatan bagi sejumlah peserta untuk segera menyelesaikan proses pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hingga tahap cetak kartu.

Hal tersebut disampaikan LTMPT Melalui Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 14/SE.LTMPT/2020.

LTMPT menyebut, untuk peserta yang telah melakukan pembayaran namun belum sampai tahap akhir pendaftaran, masih dapat menyelesaikan proses pendaftaran sampai dengan simpan permanen (cetak kartu) hingga siang ini, Selasa 23 Juni 2020 pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Cerita Sukses Andri Lolos SBMPTN UGM, Tanpa Predikat Juara Kelas

"Berdasarkan hasil pengecekan data dalam database LTMPT, setelah penutupan pendaftaran, diinformasikan hal-hal sebagai berikut," tulis LTMPT, Senin (23/6/2020).

Berikut dua poin, yang disampaikan oleh LTMPT terkait Penutupan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020:

1. Terdapat sejumlah pendaftar yang telah mencetak slip pembayaran, terhitung mulai tanggal 18 Juni 2020 pukul 22.00 hingga 20 Juni pukul 22.00 WIB.

Pendaftar yang telah mencetak slip pembayaran tersebut, diberikan kesempatan untuk melakukan pembayaran paling lambat tanggal 22 Juni 2020 pukul 22.00 WIB dan menuntaskan proses pendaftaran sampai dengan simpan permanen (cetak kartu) sebelum 23 Juni 2020 pukul 13.00 WIB.

2. Terdapat sejumlah 2.095 pendaftar yang telah melakukan pembayaran tetapi belum menyelesaikan proses pendaftaran sampai dengan simpan permanen (cetak kartu).

Pendaftar yang sudah melakukan pembayaran tersebut, diberi kesempatan untuk menyelesaikan proses pendaftaran sampai dengan simpan permanen (cetak kartu) sebelum 23 Juni 2020 pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Mendikbud: Perguruan Tinggi di Semua Zona Dilarang Kuliah Tatap Muka

Dalam surat tersebut juga disampaikan, hingga tutup pendaftaran pada 20 Juni 2020 kemarin, terdapat 702.927 peserta yang telah menyelesaikan proses pendaftaran (simpan permanen/cetak kartu).

Ketentuan cetak kartu

Sebelumnya, LTMPT juga mengingatkan agar calon mahasiswa segera menyelesaikan pendaftaran hingga tahap cetak kartu.

"Perlu diingat juga, pendaftaran dinyatakan selesai setelah siswa menyimpan semua isian dan mencetak kartu peserta UTBK yang akan dibawa pada saat pelaksanaan," lanjut LTMPT.

Baca juga: 8 Kampus Terbaik Indonesia di Pemeringkatan Dunia QS WUR 2021

Untuk ketentuan cetak kartu, LTMPT menjelaskan bahwa calon mahasiswa bisa mencetak kartu menggunakan kertas HVS beragam ukuran. Lalu, pastikan hasil cetakan jelas, sehingga tulisan dan barcode bisa terbaca.

"Lantas jangan lupa download, simpan, dan cetak kartu pesertanya. Kartu peserta UTBK bisa di-print di kertas HVS dengan ukuran bebas, asal hasilnya terlihat jelas, serta pastikan tulisan dan barcode-nya terbaca," tulis LTMPT pada hari sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com