Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laboratorium FK UMY Jadi Rujukan Nasional Pengujian Tes Covid-19

Kompas.com - 28/06/2020, 22:33 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laboratorium Fakultas Kedokteran ( FK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi laboratorium rujukan Nasional untuk pengujian sampel tes Covid-19.

Lab. FK UMY menjadi salah satu dari enam laboratorium di Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti RSUP Dr. Sardjito, BBTKL Yogyakarta, RS UGM DIY, Laboratorium Balai Besar Veteriner Wates, dan RSPAU dr. S. Hardjolukito. yang resmi ditunjuk oleh Pemerintah Indonesia.

Lab. FK UMY yang menjadi rujukan tersebut adalah Molecular Medicine and Therapy Research Laboratory (MMT Lab) yang terdapat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Asri Medical Center.

Laboratorium yang sejatinya baru diresmikan pada 27 Desember 2019 itu memiliki kualitas Biosafety Level 2 (BSL), yang cukup mumpuni untuk pengujian sample Covid-19.

Baca juga: Dosen Farmasi Purwokerto Ini Jadi Pakar PCR Covid-19 di Inggris

Fasilitas lab Covid-19

“Kronologinya pihak Kementerian Pendidikan dan Kebuyaaan (Kemendikbud) bertanya kepada kami tentang laboratorium BSL level berapa yang dimiliki FK UMY, kemudian saya sampaikan bahwa MMT Lab FK UMY sudah BSL level 2," ungkap Wiwik Kusumawati, Dekan Fakultas Kedokteran UMY dikutip dari laman muhammadiyah (24/6/2020).

Ia melanjutkan, "jadi dengan segala macam fasilitasnya, MMT Lab sudah bisa menguji sample Covid-19 tapi masih di tahap PCR Konvensional.”

Namun PCR Konvensional dirasa belum cukup, sehingga pihak Kemendikbud memberikan bantuan berupa hibah alat tes PCR realtime dalam upaya memaksimalkan MMT Lab UMY menguji sample Covid-19.

Bantuan tersebut dikirimkan pada 5 Juni 2020 lalu dan sudah diterima MMT Lab UMY, Saat inialats tes sedang dalam tahap terakhir instalasi sebelum benar-benar bisa digunakan.

Dua minggu untuk PCR

Dr. Wiwik mengatakan MMT Lab UMY membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk mempersiapkan alat PCR realtime tersebut, dan nantinya memiliki kapasitas pengujian sebanyak 60 sampel per harinya.

“PCR Realtime lebih canggih dalam pemeriksaan sample tes Covid-19 dibandingkan dengan yang konvensional, dan hasilnya lebih valid dari rapid test tentunya." ucap dr Wiwik.

Ia melanjutkan, "tapi masih butuh beberapa alat tambahan agar PCR realtime dapat digunakan, tahap persiapan kami saat ini tinggal teknisnya saja. Kami juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Mudah-mudahan dalam waktu dua minggu alatnya sudah siap digunakan.”

Sementara itu untuk mendapatkan hasil tes menggunakan PCR realtime ini membutuhkan waktu sekitar dua hari, dengan tingkat validasi yang lebih baik ketimbang rapid test.

“Secara garis besarnya, mulai dari sampel dikirimkan melalui media transfer khusus dengan protokol keamanan ketat, proses pengujiannya di laboratorium kurang lebih dua hari, di hari ketiganya sudah bisa keluar hasilnya,” ungkap dr. Wiwik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com