Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPLS Daring di Yogya, SMA Ini Kenalkan Mitigasi Bencana Gunung Merapi

Kompas.com - 13/07/2020, 12:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap kali Tahun Ajaran Baru 2020/2021 di sekolah pasti diawali dengan MPLS. Tapi, apa itu MPLS? Tentu MPLS kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

MPLS adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Dulu, istilah ini namanya MOS atau Masa Orientasi Siswa. Tetapi saat ini menjadi MPLS.

Tentu, MPLS merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para siswa baru.

Baca juga: Face Shield Sebatas Anjuran, Siswa Wajib Pakai Masker dan Bawa Cadangan

Hanya saja, MPLS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa ikut pembelajaran daring.

Atau kegiatan tatap muka di kelas ditiadakan. Tak heran jika banyak sekolah menyelenggarakan MPLS secara daring atau online.

MPLS secara daring

Seperti di salah satu SMA di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yakni SMAN 1 Pakem Sleman. Di sekolah ini belum bisa menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

"Untuk saat ini, seluruh SMA di DIY masih pembelajaran jarak jauh. Jadi MPLS juga diadakan secara daring," ujar Kepala SMAN 1 Pakem Sleman DIY, Kristya Mintarja, S.Pd., M.Ed kepada Kompas.com, Senin (13/7/2020).

Adapun MPLS di SMAN 1 Pakem memakai aplikasi meet google dan diikuti sebanyak 179 siswa kelas X. Penyelenggaraan MPLS diadakan pada Senin-Rabu (13-15/7/2020).

"Narasumber pada MPLS itu ialah Kepala Sekolah juga kami mengundang Kapolsek Kecamatan Pakem yang kebetulan diwakilkan," terangnya.

Tujuan MPLS

Menurut Kristya, tujuan MPLS di SMAN 1 Pakem adalah:

1. Penegasan kembali membangun kebiasaan hidup new normal.

2. Pengenalan mitigasi bencana saat di sekolah terkait, Covid-19, saat Gunung Merapi aktif, gempa bumi, dan prosedur penyelamatan diri.

3. Kesadaran berbangsa dan bernegara.

Pada poin nomor dua tentu karena sekolah tersebut berada di lereng Gunung Merapi. Perlu diketahui, Gunung Merapi adalah salah satu gunung paling aktif di dunia.

Bahkan saat ini masih berstatus waspada karena sering terjadi erupsi sejak pertengahan 2018.

"Jadi kita sampaikan ke siswa kalau di Pakem itu potensi bencana ada Gunung Merapi, gempa bumi dan sekarang tambah Covid-19. Tentu bagaimana bersikap dan berperilaku yang aman," jelasnya.

Sedangkan di SMAN 1 Depok Sleman, MPLS juga diadakan secara daring. Untuk siswa kelas X ikut MPLS melalui aplikasi Team Link.

"Sebelumnya, untuk MPLS kami disain daring dan tatap muka. Tetapi beberapa hari menjelang pelaksanaan MPLS ada edaran dari dinas," tutur Waka Kesiswaan SMAN 1 Depok, Eko Yuliyanto.

Baca juga: Begini Panduan Pembelajaran pada Tahun Ajaran/Akademik Baru

Tentu dalam surat edaran itu isinya mengenai belum diperkenankan kegiatan tatap muka karena masih dalam masa tanggap darurat Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com