Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuki New Normal, LaSalle College Gelar Workshop Desain dan Beasiswa

Kompas.com - 18/07/2020, 12:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan, terutama bagi lembaga pendidikan berbasis kompetensi di mana pembelajaran berbasis praktik menjadi sentral pembelajaran.

Tantangan sama juga dihadapi LaSalle College Indonesia, sekolah design internasional yang berpusat di Canada, dan memiliki 23 kampus di 12 negara, termasuk Indonesia. LaSalle College Indonesia memiliki 2 kampus utama di Jakarta dan Surabaya.

"Tantangan LaSalle (selama hadapi pandemi) adalah tetap memfokuskan agar mahasiswa dapat menyerap semua ilmu yang diberikan secara online," papar Alvira, Marketing and Promotion Manager LaSalle College Jakarta dan Surabaya (17/6/2020).

Selama pandemi, Vira mengungkapkan, pihaknya mengikuti protokol kesehatan dan keselamatan pemerintah dan juga Kemendikbud.

"Metode yang kita terapkan selama pandemi adalah online learning atau remote learning," ujar Vira.

Baca juga: Ditjen Dikti: Mahasiswa Didorong Sukseskan Merdeka Belajar

Hybrid class

Ia menambahkan, "tetapi nanti menyesuaikan juga karena LaSalle sendiri adalah design collage, sebenarnya basic curriculum kita 80 persen technical. Nah nanti kita melihat perkembangan dan juga akan hybrid class," jelasnya.

Vira menyampaikan dalam kelas hibrid, materi teori disampaikan dalam online learning, sedangkan materi yang sangat membutuhkan praktikal akan diatur jadwalnya untuk melakukan practical experience di kampus.

"Pastinya akan tetap mengacu pada standar protokol kesehatan," tegasnya.

Lebih jauh Vira menjelaskan, pihaknya telah merancang LMS (Learning Management System) sendiri agar dapat memberikan pengalaman belajar maksimal secara online.  "Sebelum pandemi, karena LaSalle merupakan kelas eksklusif dengan siswa terbatas, dosen bisa secara penuh mendampingi 15-20 mahasiswa per kelas," ujarnya.

Memasuki era new normal, LaSalle memastikan mahasiswa faktor kesehatan dan keamanan mahasiswa, mulai dari pengecekan suhu tubuh hingga pengadaan kelengkapan kesehatan di tengah pandemi.

"Para staf dan dosen juga dibekali dengan pengetahuan terkait protokol kesehatan resmi dan juga social distancing," ungkapnya.

Beasiswa 65 juta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com