Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Siswa Prasejahtera, Alumni IPB Gagas Kampoeng Merdeka Belajar

Kompas.com - 25/08/2020, 11:49 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Membantu siswa dari keluarga prasejahtera untuk bisa setara mengakses pembelajaran daring, Yayasan Jendela Kemanusiaan Lestari (JKL) yang didirikan Alumni IPB University angkatan 31 berkolaborasi dengan instansi pemerintah dan swasta wujudkan program Kampoeng Merdeka Belajar (MerBel), Minggu (16/8/2020).

Kampoeng MerBel merupakan salah satu program di bidang pendidikan yang digagas oleh Yayasan JKL dengan proyek pertama di Kampung Kebun Manggis RW 4, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah

Kampung Kebun Manggis dinilai mewakili kampung prasejahtera, yang mana hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua dan memiliki fasilitas bale warga sebagai tempat anak didik belajar.

Baca juga: Dana KJP Plus Bulan Agustus Cair Hari Ini, Berikut Jadwalnya

Dari jumlah sekitar 378 Kepala Keluarga, rata-rata warganya masuk kategori prasejahtera, yang kekurangan secara ekonomi terlebih di masa pandemi.

Kondisi itulah yang membuat siswa-siswi Kampung Kebun Manggis mengalami keterbatasan selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kolaborasi Yayasan JKL dengan para donatur tersebut diwujudkan dengan penyerahan 25 laptop layak pakai yang terdiri dari 10 Unit laptop untuk Kampoeng MerBel dan 15 Unit untuk siswa-siswi prasejahtera, serta beasiswa untuk anak yatim Komunitas 31 dan siswa-siswi prasejahtera.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan Perum Bulog dalam penyaluran 200 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dan donasi 1.000 masker dari PT Zoom Infotek Telesindo.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Yayasan JKL atas ikhtiar yang dilakukan dalam menggagas program donasi, yang memudahkan warga mendapatkan akses dan bantuan untuk pembelajaran jarak jauh," ujar Walikota Bogor Bima Arya dalam sambutannya, seperti dirangkum dari laman IPB.

Melalui momentum HUT Ke-75 Kemerdekaan RI ini, lanjut Bima, kita pastikan anak-anak bisa memperoleh akses yang setara agar bisa mencapai cita-citanya.

Dalam kesempatan berbeda, Rektor IPB University Prof Arief Satria menyampaikan ucapan selamat atas kiprah para Alumni IPB University angkatan 31 atas berdirinya Yayasan JKL yang memberi perhatian dan kepedulian terhadap mahasiswa dan kampus IPB University.

"Semoga dilancarkan rezeki sehat selalu dan barokah," ujarnya.

Baca juga: Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah ala Ahli Tikus IPB

Peluncuran Kampoeng Merdeka Belajar (Kampoeng MerBel) ini sekaligus dengan peluncuran Yayasan JKL.

Ke depan, Yayasan JKL akan berupaya menjembatani masyarakat dengan stakeholders di bidang pendidikan, ekonomi dan lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com