Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Kompetensi, Kalbis Institute Siapkan Sertifikasi Internasional Manajemen

Kompas.com - 21/12/2020, 16:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Peningkatan kompetensi menjadi salah satu fokus pendidikan tinggi dalam meningkatkan kualitas lulusan. Langkah ini dapat dilakukan dengan melakukan kolaborasi bersama lembaga sertifikasi sesuai bidang keahlian tertentu.

Langkah kolaborasi sertifikasi ini juga dilakukan Kalbis Institute dengan menggandeng Certified Wealth Manager’s Association (CWMA), lembaga sertifikasi yang diakui secara internasional.

Kolaborasi ini berfokus guna menyiapkan program sertifikasi dan peningkatan softskill bagi lulusan Kalbis Institute. Seperti yang diketahui bahwa saat ini Kalbis Institute telah berjalan secara mandiri langsung di bawah Yayasan Pendidikan Kalbe.

“Kalbis Institute berkomitmen untuk selalu mengembangkan kolaborasi dengan siapapun," ujar Raymond Christantyo, Brand Communications Manager Kalbis Institute melalui rilis resmi (21/12/2020).

Raymond menambahkan, "hal ini semata mata bukan hanya untuk mendapatkan rekan atau partner secara bisnis, namun juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran."

Lebih jauh Raymond mengatakan mengusung tema "Kalbis Refresh dan Hearts and Minds", Kalbis Institute bertransformasi dengan memberikan value pendidikan lebih baik melalui sistem pembelajaran, visi dan misi, nama fakultas, serta perubahan kurikulum yang berfokus kepada industri.

Baca juga: Dirjen Dikti: Kampus Merdeka Siapkan Kompetensi Masa Depan

Sertifikasi manajemen internasional

"Lebih dari pada itu, sesuai tagline terbaru dari Kalbis Institute yaitu Transforming Hearts and Minds, Kalbis institute bukan hanya institusi pendidikan yang fokus namun juga berfokus kepada kemampuan nonakademik kepada seluruh civitas akademikanya terlebih kepada mahasiswa dan dosennya," tegas Raymond.

Salah satu momentum pembuktian, tambahnya, Kalbis Institute menjadi salah satu institusi pendidikan terbaik di Indonesia dengan masuk dalam 50 perguruan tinggi swasta terbaik di LLDikti Wilayah III tahun 2020, Kemendikbud.

Untuk terus meningkatkan hal tersebut, lanjut Raymond, maka Kalbis Institute melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai pihak baik institusi pendidikan di luar dan dalam Indonesia, lembaga sertifikasi, pihak swasta, maupun pemerintah.

Salah satunya adalah CWMA dalam memberikan sertifikasi bagi mahasiswa Manajemen, di mana mahasiswa akan mendapat gelar sertifikasi Associate Wealth Manager (AWM) dari CWMA saat lulus dari program Manajemen Kalbis Institute tanpa biaya dan waktu tambahan.

"Dengan bekerjasama dengan lembaga prestise seperti CWMA, lulusan Kalbis Institute akan menjadi lulusan yang siap untuk diserap industri dengan ilmu dan kemampuan yang unggul," jelasnya.

CWMA dan Kalbis Institute juga akan bekerjasama dalam pelatihan staf akademisi untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia.

Harapannya, lulusan Kalbis Institute mampu diserap baik di dunia industri maupun dunia usaha.

Raymond mengatakan, "selain itu hal ini menjadi wujud bukti nyata bahwa Kalbis Institute adalah coporate based university, yaitu selalu menyesuikan kurikulum yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca juga: Kuliah Tatap Muka 2021, Dirjen Vokasi: Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa

"Saya juga berharap lulusan dari Kalbis Institute nantinya tidak hanya pintar secara akademik, namun juga memiliki hati dan intelektual yang baik sesuai dengan tagline Kalbis Institute yaitu Transforming Hearts and Minds,” pungkasnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com