Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

Blended Learning: dari Guru Keliling, Literasi hingga Karakter Siswa

Kompas.com - 06/01/2021, 12:19 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Krista Adayu | Guru SDN 06 Gumilir, Cilacap, Jawa Tengah

KOMPAS.com - Pandemi telah menyebabkan terjadinya krisis pendidikan. Salah satu krisis pendidikan di era pandemi adalah menurunnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Banyak guru mengeluhkan siswanya tidak mengikuti pembelajaran dengan baik. Tugas-tugas yang diberikan melalui pembelajaran jarak jauh banyak yang tidak dikerjakan siswa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mengajak orangtua dan siswa melakukan kesepakatan kelas sebelum mengawali pembelajaran selama satu semester ke depan.

Pembuatan kesepakatan diawali dengan mengajak siswa dan orangtua atau wali murid untuk menyampaikan usulan dan gagasannya agar pembelajaran jarak jauh (PJJ) bisa berjalan dengan baik.

Ada tiga topik utama dibahas, yaitu:

Baca juga: Apa Itu Blended Learning? Simak Penjelasan Berikut Keuntungannya

1. Bentuk pembelajaran dan penugasan

“Untuk daring saya setuju menggunakan WAG dengan semua fiturnya yang juga dikombinasikan dengan aplikasi lain seperti Zoom dan Youtube Streaming. Jadi anak-anak tetap bisa fokus belajar. Sedangkan untuk luring saya setuju menggunakan kegiatan guru berkeliling (guling),” kata wali dari seorang siswa bernama Vidzi.

Usulan di atas juga disambut baik oleh orangtua siswa lainnya untuk tetap melakukan pembelajaran bauran (blended). Pembelajaran daring dikombinasikan dengan kegiatan guru keliling (guling) ke rumah siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Diskusi topik ini bisa menghasilkan beberapa kesepakatan:

  • PJJ secara luring dilakukan dengan cara guling. Satu hari satu kelompok atau dua kelompok yang dikunjungi.
  • Memanfaatkan pembelajaran melalui WAG setiap hari.
  • Pembelajaran melalui zoom dan youtube streaming dilakukan seminggu sekali.
  • Pengerjaan tugas dilakukan setelah luring dan daring selesai.
  • Tugas bisa dikumpulkan berupa foto atau video, dan
  • Pembahasan dilakukan bersama lewat voice note/chat/video conference.

2. Penumbuhan karakter dan literasi dalam pembelajaran

Ada dua model penumbuhan karakter dan literasi yang ditawarkan Krista. Pilihan kegiatannya, (1) dilakukan terintegrasi dalam mata pelajaran, atau (2) dilaksanakan secara terpisah atau berdiri sendiri.

“Pada pilihan pertama, kegiatan dilakukan sesuai tema yang ada dalam mata pelajaran. Di dalam pembelajaran tersebut aktivitas yang dilakukan mengedepankan penumbuhkembangan karakter dan literasi siswa,” jelas Krista lagi.

Sedangkan untuk pilihan kedua, setiap siswa memiliki target aktivitas keseharian seperti membantu orangtua mengerjakan tugas rumah, berinfaq, melakukan ibadah, dan kegiatan positif lainnya.

Untuk literasi dilakukan setiap hari atau siswa menyelesaikan membaca satu buku bacaan dalam rentang waktu satu minggu. Aktivitas tersebut tercatat dalam jurnal karakter dan literasi.

Baca juga: Blended Learning, Pembelajaran Ideal di Era New Normal

3. Pengembangan life skill siswa

Pembahasan ini sebenarnya adalah ranah guru. Namun agar menambah motivasi dan komitmen orangtua dalam mendukung penerapannya dalam pembelajaran, hal ini perlu juga disepakati.

Pengembangan life skill atau kecakapan hidup dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam sebulan. Kegiatannya berupa proyek di rumah. Misalnya siswa membuat ramuan obat-obatan, membuat masker, membuat hand sanitizer, memasak bersama orangtua, atau membuat kerajinan tangan.

Setelah semua gagasan dibahas dan disepakati, hasilnya ditulis dan dibagikan kembali lewat WAG. Permasalahan yang mungkin muncul saat pelaksanaan pembelajaran dapat diselesaikan dengan merujuk pada kesepakatan yang sudah dibuat.

Hasil dari kesepakatan ini kemudian dapat diwujudkan dalam jadwal pembelajaran mingguan dan dibagikan kepada semua siswa dan orangtua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com