Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa PASAI Aceh, Khusus Sekolah Asrama Putri Jenjang SMP dan SMA

Kompas.com - 24/02/2021, 16:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School memberikan penawaran beasiswa bagi para pelajar, khusus siswi yang saat ini berada di kelas 6 SD dan kelas 9 SMP melalui program Beasiswa Putri Asa Indonesia (PASAI).

Pelajar terpilih penerima beasiswa Putri Asa Indonesia (Pasai) nantinya akan mendapatkan beasiswa penuh untuk menempuh pendidikan di jenjang SMP atau SMA di Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh.

Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School merupakan sekolah hasil kerja sama Yayasan Fatih Indonesia dan Yayasan Teuku Nyak Arif yang didirikan tahun 2009 sebagai salah satu upaya membangun kembali Aceh yang terdampak bencana tsunami pada 2004 silam.

"Meski dalam kondisi sulit, kami tetap berkomitmen menggelar dan memberikan porsi beasiswa sebagaimana mestinya. Berbagai cara kreatif kami ambil untuk menyiasati dan menjamin beasiswa tetap bisa berlangsung," ujar Mustafa Cakallioglu, General Manager melalui rilis resmi (23/2/2021).

Mustafa menambahkan hal ini tentu tidak bisa terlepas dari warisan semangat dan ketulusan pera pendiri sekolah agar menjadikan sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School menjadi institusi berkhidmat dan menjadi solusi bagi masyarakat.

Ia berharap beasiswa ini dapat memberikan motivasi dan semangat belajar kepada para pelajar untuk menggapai cita-cita.

Muhammad Azhar Annas selaku Kepala SMP-SMA menambahkan, “Kami ingin membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi seluruh pelajar agar bisa mendapatkan pendidikan berkualitas. 

Baca juga: Kominfo-DQLab UMN Buka Beasiswa Belajar Data Science Gratis untuk Umum 

Cakupan beasiswa

Peserta penerima beasiswa akan mendapatkan manfaat berupa potongan hingga 100 persen biaya berikut ini:

  • Biaya pendaftaran
  • Biaya pangkal sekolah
  • Biaya buku dan seragam
  • Biaya SPP sekolah
  • Biaya pangkal asrama
  • Biaya asrama

Kategori program

Beasiswa terbuka bagi para siswa teladan terpilih yang memiliki latar belakang prestasi pendidikan baik, yatim/dhuafa dan penghafal Al Quran dalam 5 kategori program:

  1. Beasiswa Akademik
  2. Beasiswa Yatim/dhuafa
  3. Beasiswa Penghafal Al-Quran
  4. Beasiswa Seni (menyanyi & musik, puisi/monolog)
  5. Beasiswa Olahraga (individual sport)

Syarat umum

  • Khusus Putri
  • Terbuka untuk semua sekolah/institusi pendidikan di seluruh wilayah Indonesia
  • Pendaftar merupakan siswi kelas 6 SD/MI sederajat atau kelas 9 SMP/MTs sederajat yang dibuktikan dengan kartu pelajar/surat keterangan dari sekolah
  • Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan melampirkan surat sehat dari puskesmas/rumah sakit
  • Usia maksimal 13 dan 16 tahun saat mendaftar yang dibuktikan dengan kartu pelajar atau Kartu Keluarga (KK)
  • Memiliki catatan prestasi akademik baik minimal rata-rata 80 dibuktikan dengan fotokopi transkrip/nilai rapor dari semester 7 sampai 11 (untuk jenjang SD/MI sederajat) atau fotokopi transkrip/nilai rapor dari semester 1 sampai 5 (SMP/MTs sederajat SMP)
  • Diutamakan memiliki jiwa kepemimpinan/pengalaman berorganisasi (rekam jejak organisasi dapat ditulis di bagian data diri pada lembar formulir pendaftaran)
  • Mengisi lembar pendaftaran dan data diri
  • Melampirkan surat rekomendasi dari sekolah/panti asuhan/pesantren asal
  • Melampirkan pas foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar (ditempel di formulir pendaftaran)
  • Bersedia melakukan tes wawancara pada jadwal yang ditetapkan panitia
  • Bersedia tinggal di asrama sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School jika terpilih sebagai penerima beasiswa

Baca juga: Yayasan AHM Berikan Beasiswa Pelajar dan Guru

Jadwal penerimaan

  • Pendaftaran beasiswa Pasai akan dibuka pada 22 Februari-15 Maret 2021,
  • Pengumuman hasil seleksi berkas akan diadakan pada 20 Maret 2021,
  • Tes Potensi Akademik, bakat dan wawancara akan diadakan pada 23-27 Maret 2021
  • Pengumuman penerima beasiswa akan diadakan pada 3 April 2021.

Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School merupakan salah satu Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) yaitu sekolah yang mengakomodasi dua kurikulum yaitu kurikulum nasional dan internasional dalam hal ini Cambridge.

Salah satu keunggulannya adalah pengajaran beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, matematika dan sains diajarkan dalam bahasa Inggris dan standar internasional. 

"Untuk para siswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan meskipun di masa pandemi, teruslah semangat, beasiswa Pasai adalah kesempatan yang baik dimana ketika sejumlah beasiswa justru berhenti dan ditutup karena kondisi yang sedang sulit," pesan Mustafa.

"Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School hadir menawarkan beasiswa ini, masih ada waktu untuk mempersiapkan diri. Tidak ada kata terlambat dan tidak ada yang tidak munkin jika kita yakin dan percaya serta terus semangat bekerja keras dan berusaha," tambahnya.

Sekolah ini memberikan porsi yang cukup besar untuk memberikan beasiswa kepada para siswanya sejak awal berdiri 2009 silam. Sekitar 22 persen siswa yang bersekolah di sekolah ini adalah siswa berbeasiswa.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan untuk mengikuti beasiswa ini dapat diakses melalui tautan http://tnafatih.sch.id/beasiswa-pasai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com