Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kompetensi Wirausaha, Nuffic Nesso Gelar MOOC Gratis

Kompas.com - 22/04/2021, 11:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Nuffic Neso, lembaga nonprofit bidang kerja sama internasional pendidikan Belanda, dan Dutch Centres for Entrepreneurship menyelenggarakan kursus online gratis bertajuk "Global Entrepreurship" melalui Massive Open Online Course (MOOC).

Kursus yang akan diadakan secara daring ini rencana akan diadakan selama 6 minggu (20 April – 27 Mei 2021) dengan memberikan 10 topik perkuliahan dalam Bahasa Inggris oleh pengajar internasional di bidang inovasi dan kewirausahaan.

Melalui rilis resmi (21/4/2021), Emi Fumita, Student Counsellor Nuffic Neso Indonesia, menyampaikan salah satu keuntungan mengikuti perkuliahan online ini, peserta akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan praktis untuk mendirikan bisnis. 

"Selain itu, peserta juga mendapat kesempatan menyusun rencana bisnis dan mendapatkan professional feedback dari para profesor," jelas Emi.

Selain itu, setelah menyelesaikan tugas di akhir kursus, peserta akan mendapatkan sertifikat yang ditandatangani Dutch Centres for Entrepreneurship dan kantor perwakilan pendidikan Belanda (Nuffic NESO).

Baca juga: Ini Pengalaman Penerima Beasiswa PMDSU yang Didorong Jadi Ilmuwan Muda

Lebih jauh Emi menjelaskan, untuk mendapatkan sertifikat, peserta harus menghadiri 8 dari 10 kuliah dan menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan kursus, yaitu membuat model pendapatan untuk ide bisnis.

Ini dilakukan dengan cara inovatif dimana peserta diminta menyampaikan ide dan menunjukkan bahwa peserta dapat menerapkan pelajaran terpenting dari kuliah yang telah diberikan.

"Para profesor yang terlibat akan memberikan professional feedback tentang ide bisnis dan jika peserta setuju, a call for cooperation dibagikan dengan komunitas yang didirikan selama kursus," paparnya.

Pada tema kursus MOOC pertama (20 April 2021) membahas Entrepreneurial Society dengan menghadirkan Pieter Duisenberg, President Association of Universities in the Netherlands (VSNU) dan Aard Groen bekerja sebagai Dekan Kewirausahaan di University of Groningen dan memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang kewirausahaan, inovasi, pengembangan bisnis dan pemasaran.

Kursus kedua MOOC akan diselengarakan pada tanggal 22 April dan membahas mengenai "Entreprenerial Mindset".

NESO Indonesia sebagai perwakilan kantor resmi Nuffic di Indonesia juga turut serta dalam program ini dengan menghadirkan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Audy Joinaldy selaku alumni Belanda dari Wageningen University and Research yang akan menjadi salah satu pembicara MOOC dalam topik kuliah ke-9 Entrepreneurship and Development.

Saat ini masih terbuka untuk mendaftarkan diri secara gratis melalui https://www.nufficmooc.com/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com