Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru, Ini Tips Mendongeng ala Universitas Muhammadiyah Magelang

Kompas.com - 16/05/2021, 15:26 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anak-anak pasti suka mendengarkan cerita dongeng sebelum tidur. Rutinitas membaca dongeng ini ternyata  juga membawa banyak manfaat bagi anak.

Mendongeng yang baik memiliki manfaat bagi peningkatan kognitif anak. Tak hanya dilakukan orangtua di rumah, bisa mendongeng dengan baik juga wajib dimiliki seorang guru.

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mengadakan workshop dengan tema 'Kiat Terampil Mendongeng Bagi Guru'

Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberi pengetahuan tambahan dan meningkatkan kemampuan mendongeng para guru.

Baca juga: Peserta KIP Kuliah Daftar Jalur Mandiri Unpad, Simak Tata Caranya

Manfaat mendongeng

Melansir laman Unimma, manfaat mendongeng untuk anak, antara lain: 

1. Menggugah kekuatan berpikir anak

2. Membangun kreatifitas melalui berbagai kemungkinan visual anak

3. Mengasah anak dalam mengaitkan akrobatik suara dengan gambar

Ketua panitia acara Kanthi Pamungkas menerangkan, dengan mengikuti kegiatan ini, seluruh peserta belajar bersama menggali kita-kiat atau strategi efektif untuk terampil mendongeng bagi guru.

"Ini merupakan kegiatan yang sebelumnya sudah kami rencanakan akan diselenggarakan pada tahun 2020 tetapi karena adanya pandemi, akhirnya ditunda hingga terselenggarakan tahun 2021. Workshop ini adalah salah satu program kerja PGMI untuk meningkatkan kompetensi lulusan prodi PGMI dalam menjalankan peran profesionalitasnya" tutur Kanthi seperti dikutip dari laman Unimma, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Telkomsel Berikan Beasiswa dengan Ikatan Dinas, Yuk Simak Syaratnya

Tingkatkan kemampuan mendongeng guru

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kak Damar dan Nashriyyah. Keduanya merupakan pendongeng yang menyabet prestasi nasional maupun internasional.

Dekan FAI Nurodin Usman berharap, agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mendongeng.

"Saya kira ini merupakan momen yang langka, kalau mendengarkan Kak Damar mendongeng mungkin sesuatu yang biasa ditemui namun kali ini peserta bisa dialog dan diskusi dengan Kak Damar," urai Nurodin.

Tips mendongeng yang baik

Dalam materinya, Kak Damar mengungkapkan beberapa tips bercerita atau mendongeng, yaitu:

  • Menggunakan alur sederhana
  • Cerita singkat
  • Bergerak cepat

"Karakter tokoh tidak perlu diuraikan secara rinci, ditulis dengan gaya penceritaan secara lisan, terkadang pesan atau tema dituliskan dalam cerita. Dan biasanya pendahuluan sangat singkat dan langsung," beber Kak Damar.

Baca juga: 5 Jalur Mandiri PTN dengan Biaya Pendaftaran Termurah

Kegiatan ini juga diisi praktek mendongeng oleh Kak Damar dan Nashriyyah. Inilah kegiatan workshop dengan tema 'Kiat Terampil Mendongeng Bagi Guru' yang diadakan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com