Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

PJJ "Rasa" Tatap Muka, Ini 3 Strategi yang Perlu Dilakukan Sekolah

Kompas.com - 16/06/2021, 15:35 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Adrison | Kepala Sekolah SMP As-Shofa, Pekanbaru, Riau

KOMPAS.com - Pemerintah sudah memberikan izin pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang dikolaborasikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Di tengah pandemi yang masih terjadi, kita semua harus terus waspada dan memprioritaskan kesehatan warga sekolah.

Cara paling aman adalah tetap menerapkan PJJ bila pandemi meningkat.

PJJ telah menghadirkan banyak tantangan baru. Kalau pembelajarannya tidak menarik, maka kemungkinan besar siswa makin tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

Dalam kondisi seperti ini sekolah harus berpikir out of the box untuk menjalankan PJJ yang berorientasi pada siswa.

Ada tiga hal kami kembangkan untuk membuat PJJ diminati siswa dan bisa sama berkualitasnya seperti pembelajaran tatap muka (PTM):

Baca juga: Jelang PTM Terbatas, Ini Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah

1. PJJ Terpadu dengan portal belajar

Sekolah kami mengembangkan portal belajar learning management system (LMS). Portal belajar tersebut mencakup aplikasi-aplikasi penting yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran.

Misalnya; absensi, materi pembelajaran, video pembelajaran, lembar kerja siswa, penilaian harian, hingga penilaian semester.

Portal belajar ini dibuat sekolah menggunakan program Moodle. Sementara konten-konten pembelajarannya dikembangkan para guru yang sudah dilatih dalam membuat video pembelajaran, lembar kerja, mencari dan memanfaatkan sumber belajar daring maupun memanfaatkan yang tersedia di rumah, sampai memfasilitasi PJJ yang interaktif.

Metode pembelajaran di portal belajar disesuaikan dengan mata pelajaran. Para guru juga dibekali dengan Pen Tab agar dapat menulis materi di layar dan terlihat seolah-olah sedang menulis di papan tulis.

Guru juga wajib menyediakan bahan bacaan, video pembelajaran, atau materi pembelajaran minimal dua hari sebelum pembelajaran di portal belajar LMS. Jadi ketika pembelajaran dimulai, guru dan siswa dapat berdiskusi tentang apa yang sudah mereka pelajari sebelumnya.

Melalui portal belajar ini, guru dapat langsung memberikan umpan balik dan penilaian pada tugas-tugas yang dikerjakan siswa.

PJJ dengan portal belajar LMS memang bergantung pada perangkat seperti HP, laptop, dan internet. Untuk itu di awal tahun pelajaran, kami melakukan MoU dengan orangtua untuk memberikan dukungan kepada anaknya.

Bagi siswa yang mengalami kesulitan dengan perangkat atau jaringan internet, kami akan mengundang siswa dan orangtuanya ke sekolah untuk dicari solusinya. Apalagi dengan adanya bantuan kuota internet dari Kemendikbudristek, siswa menjadi terbantu mengikuti PJJ.

2. Perlakukan PJJ seperti tatap muka

PJJ juga perlu difasilitasi mendekati kegiatan belajar tatap muka pada umumnya. Misalnya, jadwal belajar tiap harinya pun dibuat seperti jadwal belajar tatap muka biasa. Satu jam pelajaran berdurasi 40 menit, dimulai pukul 07.00 sampai 15.30 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com