Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Memecahkan Misteri? Coba Pecahkan Kasus di Black Detective

Kompas.com - 17/06/2021, 12:05 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Adisti | Editor: Elex Media Komputindo

KOMPAS.com - Hampir di setiap cerita detektif, selalu saja tokoh detektifnya memiliki asisten yang membantunya dalam penyelidikan. Misalnya, kisah detektif yang terkenal yakni Sherlock Holmes dan Watson yang legendaris.

Tapi, bagaimana jika seorang detektif licik yang sadis dipertemukan dengan asisten lugu yang masokis?

Itulah yang terjadi dalam komik The Black Detective karya Yen Hioka, yang berjudul asli Kuro no Tantei.

Ceritanya berawal dari Arata Toiro, seorang siswa SMA lugu yang aktif dalam klub sukarelawan suatu hari bertemu dengan seorang detektif nyeleneh yang kemudian tahu-tahu merekrutnya sebagai asisten.

Baca juga: Komik Olahraga Komedi Clean Freak! Aoyama Kun Dijamin Bikin Tertawa

Detektif bernama Yo Kuroba tersebut memiliki sifat tak selayaknya pembela kebenaran, yaitu sadis, arogan, dan lebih suka menyiksa penjahat dibandingkan langsung menyerahkan mereka ke polisi.

Kode etik dalam hubungan antara detektif dan asistennya ini adalah bersikap kejam, selalu bersenang-senang, dan tidak kenal belas kasihan.

Akibat sifatnya yang polos dan gampang ditindas, Toiro pun menurut saja disuruh-suruh oleh Kuroba, dan dengan itu dimulailah petualangan kedua orang yang bertolak belakang ini dalam memecahkan berbagai kasus!

Tentunya, selain kasus-kasus kriminal yang menarik, salah satu daya tarik komik ini adalah sang detektif yang menjadi pemeran utama.

Sosok Yo Kuroba, sang detektif SMA yang sadis, diliputi misteri. Dia tinggal di sebuah bangunan bernama Kantor Detektif Amo dan mengaku sebagai perwakilannya, namun Detektif Amo sendiri tidak jelas keberadaannya.

Kuroba juga tampak mengikuti dengan cermat kasus pembunuhan berantai di mana kepala setiap korban tak dapat ditemukan. Konon, sang pelaku yang dijuluki Doppelganger tersebut menyembunyikan kepala mayat agar bisa menyamar menjadi orang yang dibunuhnya.

Baca juga: Dark Hunter: Komik Seru Pembersih Kegelapan

Serangkaian kasus yang diangkat dalam The Black Detective ini terhitung ringan, tapi tetap menarik untuk diulik. Diramu dengan bumbu komedi dan gaya gambar yang imut, komik ini pas bagi pecinta kisah misteri yang membutuhkan bacaan ringan namun tetap mendorong pembaca untuk memutar otak.

Di Jepang, komik ini telah diserialisasikan dalam majalah Monthly Shonen Gangan terbitan Square Enix pada tahun 2013 hingga 2015, dan telah tamat dalam 7 jilid. Sementara di Indonesia, komik ini telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo hingga jilid ke-2 yang telah terbit pada pada 31 Maret 2021.

Kalian bisa mendapatkan komik The Black Detective 2 lewat tautan resmi berikut ini:
https://www.gramedia.com/products/the-black-detective-02

https://www.gramedia.com/products/the-black-detective-01

Jangan sampai kehabisan!

Info lengkap tentang voucher yang bisa kamu dapatkan secara gratis untuk membeli komik ini: http://bit.ly/voucher_artikel

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com