Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Tonton 5 Drama Korea Penuh Inspirasi Menggapai Mimpi

Kompas.com - 06/08/2021, 16:55 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Akhir pekan sudah di depan mata. Kamu bisa menggunakan waktu untuk melakukan hal-hal positif sekaligus menyenangkan. Salah satunya menonton drama Korea Selatan yang penuh inspirasi yang dapat meningkatkan semangat kamu menggapai cita-cita.

Industri perfilman Korea Selatan memang membahas berbagai topik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali tentang perjuangan para pelajar atau “fresh graduate” dalam menggapai mimpi.

Google Indonesia pun mencatat, jumlah penonton serial drama Korea Selatan di Indonesia meningkat selama pandemi.

Berdasarkan data secara tahunan yang diumumkan pada Juni 2020, penelusuran dengan kata kunci "drama korea", "korea drama", dan "drakor" mengalami peningkatan sebanyak 130 persen.

Baca juga: 5 Idol Korea dengan Biaya Pendidikan Termahal, Ada yang Capai Rp 3 Miliar

Pada saat pandemi Covid-19 ini, menonton film juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghibur diri di rumah demi mencegah terjadinya penularan virus.

Maka dari itu, pelajar dapat memanfaatkan momentum "di rumah aja" untuk memacu semangat menggapai cita-cita dengan menonton 5 drama Korea rekomendasi platform pendidikan Zenius:

Poster drama Korea Itaewon Class.Soompi Poster drama Korea Itaewon Class.

1. Itaewon Class (2020)

Drama yang diadaptasi dari Webtoon ini benar-benar fokus pada cerita perjuangan seorang mantan terpidana Park Saeroyi (Park Seo-joon) dari bawah untuk membangun usaha berupa sebuah restoran.

Perjuangannya sangatlah tidak mudah dan berliku-liku. Apalagi ia harus menghadapi kekejaman jahanam dari kompetitornya, Grup Jangga yang dipimpin oleh Jang Dae-hee (Yoo Jae-myung).

Apabila kamu punya impian untuk membuka sebuah usaha di masa depan (entah sebuah restoran, laundry, minimarket, dan lain sebagainya), kamu pasti akan menghadapi berbagai rintangan.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Drama ini akan membuat kamu lebih realistis soal perjuangan dalam membangun bisnis. Selain memberikan gambaran kotornya dunia bisnis, kamu juga akan lebih semangat dan termotivasi untuk berjuang seperti Park Saeroyi dan teman-temannya.

Kamu juga akan jadi paham bahwa dalam membangun bisnis, ternyata tidak hanya perlu keyakinan namun juga perhitungan dan rencana realistis yang bisa kamu pelajari dari pikiran Jo Yi-seo (Kim Da-mi) dan kawan-kawan.

2. Start-Up (2020)

Drama yang satu ini semakin membuat kita sadar bahwa sekarang ini teknologi dan internet begitu maju. Banyak orang-orang berlomba membangun usaha rintisan atau start-up.

Di dunia nyata, kamu juga bisa lihat banyak banget usaha-usaha rintisan seperti zenius, gojek, tokopedia, shopee, traveloka, happy fresh, ovo, dan di berbagai bidang lainnya. Tak menutup kemungkinan, kamu akan menjadi salah satu calon pelaku perintis usaha ini.

Drama ini akan mengajak kamu mengenal beragam posisi atau peran yang diperlukan untuk ada di dalam sebuah tim untuk membentuk start-up.

Kamu juga akan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana mengembangkan serta menarik investor untuk memajukan usaha. Selain itu, pandangan dan pikiran kamu tentang start-up akan menjadi lebih luas dan realistis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com