Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima 1.208 Usulan Dana Perpustakaan Daerah, Kaperpusnas: Jangan Hanya Semangat Saat Ajukan Anggaran

Kompas.com - 11/08/2021, 13:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menerima sebanyak 1.208 usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Subbidang Perpustakaan Daerah untuk Tahun Anggaran 2022. Ribuan usulan tersebut berasal dari 449 daerah dengan rincian 31 provinsi dan 418 kabupaten/kota.

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando menyatakan penerima DAK Fisik Subbidang Perpustakaan Daerah diminta agar berkomitmen dan menjaga semangat dalam melaksanakan pengembangan perpustakaan sesuai dengan usulan yang diajukan.

Dia mencontohkan, Kabupaten Bombana yang membangun gedung fasilitas layanan perpustakaan menggunakan DAK yang bersumber dari APBN, pada 2020.

Komitmen Bupati Bombana serta hubungan dengan DPRD yang terjalin baik, membuat pengembangan perpustakaan bisa berjalan sesuai yang ditetapkan, meski ada refocusing anggaran DAK Fisik Subbidang Perpustakaan Daerah Tahun 2020.

“Ini yang kami apresiasi, bagaimana perhatian dan kebijakan pemerintah daerah untuk bisa memiliki semangat yang jauh lebih, untuk melaksanakan ketika disetujui anggarannya," ujar Syarif Bando dalam Sinkronisasi Usulan DAK Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan Tahun Anggaran 2022 yang diselenggarakan virtual Selasa (10/8/2021).

"Jangan semangatnya ketika mengajukan permintaan ke Perpusnas yang disetujui oleh Kemenkeu dan Bappenas,” tambahnya lagi.

Baca juga: Cakram Literasi, Gim Pembelajaran di Tengah PJJ

Anggaran 549 miliar

DAK Fisik Subbidang Perpustakaan Daerah merupakan dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu untuk membantu mendanai kegiatan bidang pengembangan perpustakaan yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan Prioritas Nasional.

DAK dinilai menarik bagi dinas perpustakaan provinsi dan kabupaten/kota, terbukti dari banyaknya proposal yang masuk untuk tahun anggaran 2022.

Pada tahun 2022, pagu DAK Fisik Subbidang Perpustakaan Daerah senilai Rp 549.998.235.000. Penerima DAK Fisik Subbidang Perpustakaan Daerah Tahun Anggaran 2022 sendiri belum ditetapkan pada hari ini.

“Sehingga perlu dipahami betul bahwa anggaran yang sangat terbatas ini, tujuan mulianya adalah bagaimana mengangkat harkat dan martabat bangsa kita di dalam percaturan global,” jelasnya.

Ditegaskannya, literasi merupakan bagian penting dalam percaturan global. Literasi tertinggi suatu bangsa adalah ketika mampu menciptakan barang dan jasa bermutu yang bisa dipakai dalam kompetisi global.

Menurutnya, globalisasi menuntut inovasi dan teknologi terbaru. Wawasan masyarakat bisa terbuka melalui literasi.

“Jadi kita jangan memahami perpustakaan sebagai deretan buku baru, ditaruh di rak-rak, dan sampai membusuk. Waktu membusuk, pustakawan minta anggaran untuk konservasi,"  ungkap Syarif Bando.

Ia melanjutkan, "tidak. Kita sudah mengubah paradigma perpustakaan menjadi 10 persen untuk management collection, 20 persen untuk management knowledge, dan 70 persen untuk transfer knowledge.

Baca juga: Niken Sasanti, Kepala SMP Berprestasi Nasional yang Giat Literasi

Penggunaan DAK Perpustakaan Daerah

Pembangunan perpustakaan melalui DAK, sambungnya, diharapkan bisa membangun kualitas sumber daya manusia di semua lini, yang kemudian meningkatkan nilai kualitas untuk membangun bangsa untuk berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan.

Ada enam menu yang tersedia dalam DAK yakni:

  1. Pembangunan gedung fasilitas layanan,
  2. Perluasan gedung fasilitas layanan,
  3. Renovasi gedung fasilitas layanan,
  4. Pengadaan perabot fasilitas layanan perpustakaan,
  5. Pengadaan teknologi dan informasi (TIK) layanan perpustakaan, serta
  6. Pengembangan bahan perpustakaan umum.

DAK diberikan dengan tujuan yakni pemerataan layanan perpustakaan umum yang berkualitas di provinsi dan kabupaten/kota, peningkatan akses literasi informasi terapan dan inklusif masyarakat.

Selain itu melalui DAK perpustakaan diharapkan juga tercapai peningkatan pemanfaatan TIK untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, serta peningkatan kualitas dan keberagaman koleksi perpustakaan sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com