Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar yang Sedang Tren di Indonesia

Kompas.com - 12/08/2021, 11:51 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Siswa sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mulai duduk di kelas XII kerap bimbang saat harus menentukan jurusan kuliah.

Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, mulai dari biaya kuliah, peluang diterima di jurusan tertentu, minat dan bakat, sampai rekomendasi dari guru dan orangtua.

Terkadang, jurusan yang diinginkan siswa tidak selaras dengan keinginan orangtua atau bakat dan minat pribadinya. Hal ini menyebabkan banyak siswa semakin bingung untuk memilih jurusan.

Terlepas dari perkara-perkara tersebut, semua orang yang menuntut pendidikan tinggi tentu berharap dapat hidup nyaman dengan karier yang mapan pada masa depan.

Untuk itu, jurusan dengan potensi gaji besar juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum mendaftarkan diri ke perguruan tinggi.

Baca juga: 7 Tips Persiapan Kuliah bagi Mahasiswa Baru

Berikut daftar jurusan kuliah dengan potensi gaji besar yang sedang tren di Indonesia, dilansir dari keterangan pers resmi Universitas Nusa Mandiri (UNM), Kamis (12/8/2021).

1. Sains data

Maraknya perkembangan data seiring dengan perkembangan teknologi saat ini membuat banyak perusahaan membutuhkan jasa ahli pengolahan data.

Perusahaan membutuhkan lulusan sains data yang mampu mengolah data menjadi informasi.

Karena peran ahli sains data sangat penting, maka gaji profesi ini juga besar. Gaji seorang ahli sains data berada pada kisaran Rp 15.000.000 sampai Rp 40.000.000. Cukup fantastis, bukan?

Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Sains Data, di antaranya adalah Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

2. Informatika

Selain seorang ahli sains data, perusahaan zaman sekarang juga membutuhkan peran ahli teknologi informasi (IT).

Seperti diketahui, perkembangan IT sudah meluas ke berbagai bidang kehidupan. Hampir semua perusahaan telah memanfaatkan IT untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga: Ingin Pilih Profesi yang Tak Sesuai Jurusan Kuliah? Ini Saran Kemnaker

Karena peran penting ahli IT dalam kinerja perusahaan, maka seorang ahli IT pun memiliki kisaran gaji yang besar, yaitu mulai Rp 15.000.000 sampai Rp 27.000.000.

Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Informatika, antara lain UNM, Universitas Telkom (Telkom-U), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Bina Nusantara (BINUS), dan Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute).

3. Bisnis digital

Era digital mengharuskan berbagai sektor bisnis untuk beradaptasi agar tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com