Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langka, 9 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

Kompas.com - 16/08/2021, 11:51 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Dari banyaknya jurusan kuliah, nyatanya ada sejumlah jurusan masih langka di Indonesia, hanya ditemui di satu atau dua universitas saja.

Meski masih langka, namun prospek kerja jurusan ini terbuka lebar, karena selain belum banyak memiliki lulusan, sejumlah jurusan juga dibuat sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja pada beberapa tahun mendatang.

Berikut sejumlah jurusan yang masih langka di Indonesia, merangkum laman platform edukasi Quipper Campus dan Rencanamu.id, Senin (16/8/2021):

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

1. Astronomi, ITB

Di Indonesia, Jurusan Astronomi masih sangat langka. Bahkan hanya ada di satu kampus saja, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).

Peluang kerja bagi lulusan Jurusan Astronomi bisa bervariasi dan cukup luas. Lembaga yang membutuhkan lulusan Astronomi mulai dari lembaga penelitian, pusat sains, lembaga antariksa, planetarium, observatorium, media massa, sekolah, sampai ke perguruan tinggi.

Selain itu, lulusan jurusan ini sangat mungkin melanjutkan karier atau mencoba prospek kerja di luar bidang astronomi, misalnya bidang IT. Karena, mahasiswa Astronomi juga akan belajar tentang pemrograman meski tidak mendalam.

2. Ilmu Keluarga dan Konsumen, IPB University

Program studi Ilmu Keluarga dan Konsumen pada intinya membahas tentang 3 hal, yaitu Keluarga, Anak, dan Konsumen.

Ketiga hal tersebut dibahas dan dikaji dari sisi keilmuan, dengan fokus untuk mengembangkan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga serta konsumen.

Prospek kerja dari program studi ini cukup beragam. Lulusannya bisa bekerja menjadi seorang konsultan di bidang perlindungan konsumen dan keluarga, tumbuh kembang anak, dan perlindungan perempuan, tenaga pengajar dan pengelola pendidikan di sekolah-sekolah, spesialis riset pemasaran konsumen, hingga sebagai bagian dari lembaga pemerintah BKKBN.

Baca juga: Mahasiswa, 10 Pekerjaan Ini Banyak Dibutuhkan di Era New Normal

3. Manajemen Industri Katering, UPI

Saat ini, prodi Manajemen Studi Katering Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan yang pertama dan satu-satunya dalam jenjang Strata I (S1) di Indonesia.

Program studi ini cocok untuk kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia pariwisata dan kuliner, atau bagi kamu yang punya cita-cita ingin memiliki bisnis restoran atau kafe.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Industri Katering Lulusan prodi Manajemen Industri Katering sangat dibutuhkan di industri pariwisata, tidak hanya pariwisata lokal, tapi juga nasional, dan hingga internasional.

Terlebih lagi di industri kuliner. Dengan pengetahuan yang berfokus pada manajemen industri kuliner yang didapat, lulusan prodi ini akan sangat menonjol untuk berkarir di industri food & beverages, baik di perhotelan, restoran, dan lainnya.

4. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Unair

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara pesat membawa dunia tiba di era sekuens revolusi industri 4.0.

Ini membuat proses industri tidak hanya terbatas pada otomasi berbasis komputer, tetapi mulai beranjak menuju sistem siber fisik yang kompleks dengan melibatkan Internet of Things (IoT), cloud computing, dan cognitive computing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com