Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2021, 18:42 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memilih program studi (prodi) atau jurusan kuliah tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan. Terdapat beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, seperti prospek kerja dan kisaran gaji, misalnya.

Prodi manajemen merupakan salah satu pilihan yang populer di kalangan generasi muda. Hal ini karena jurusan manajemen memiliki tiga keunggulan.

Pertama, lulusan manajemen dapat dipastikan akan dicari perusahaan.

Sebab, semua perusahaan membutuhkan lulusan manajemen untuk mengelola, merencanakan, dan mengatur proses kegiatan dalam perusahaan demi mencapai tujuan.

Selanjutnya, keunggulan kedua adalah luasnya peluang mendapatkan pekerjaan bagi para lulusan manajemen. Pasalnya, hampir semua sektor usaha membutuhkan peran lulusan manajemen.

Ketiga, lulusan manajemen memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan diri dalam berbagai bidang keilmuan.

Baca juga: 4 Jurusan Unik yang Hanya Terdapat di Luar Negeri

Selain itu, jurusan manajemen menjadi favorit generasi muda, karena tawaran gaji lulusan manajemen memang cukup besar, yaitu antara Rp 10.000.000 sampai Rp 15.000.000 per bulannya.

Bahkan, Rektor Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Dr. Mochammad Wahyudi mengatakan, lulusan manajemen dengan posisi project manager memiliki gaji kisaran Rp 13.000.000 sampai Rp 15.000.000 per bulan.

“Tentunya dengan kisaran gaji sebesar itu akan menjanjikan masa depan yang bersinar. Terlebih lagi, apabila semua lulusan dibekali sertifikat keahlian. Sudah tentu kisaran gaji yang ditawarkan perusahaan pun akan bertambah lagi,” paparnya kepada media, Senin (23/8/2021).

Menurut Wahyudi, ilmu manajemen tidak akan tenggelam oleh waktu. Ilmu ini akan mampu mengikuti perkembangan zaman, kebutuhan industri, dan dunia kerja.

“Beberapa prospek kerja lulusan jurusan manajemen yang menjanjikan di antaranya bussiness development, entrepreneur, marketing executive, risk manager dan project manager,” sebutnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Senin.

Jurusan Manajemen Universitas BSI

Rektor Universitas BSI Dr. Mochammad Wahyudi mengatakan, Universitas BSI berkomitmen menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul bidang manajemen yang didukung dengan teknologi informasi (IT).

Lulusan manajemen Universitas BSI akan menjadi sarjana manajemen dengan memiliki kompetensi di bidang manajemen serta berjiwa entrepreneur,” katanya.

Jurusan Manajemen Universitas BSI, kata Wahyudi, membina para mahasiswa agar memiliki jiwa kewirausahaan demi mendukung ekonomi kreatif Indonesia pada 2033.

Pembinaan tersebut dilakukan dengan memberikan wadah bagi para mahasiswa melalui BSI Career Center (BCC), BSI Entrepreneur Center (BEC), BSI Inovation Cener (BIC), dan BSI Startup Center (BSC).

Baca juga: Langka, 9 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

Selain itu, mahasiswa semua jurusan di Universitas BSI juga dibekali dengan sertifikat keahlian sesuai dengan jurusan yang diminati.

“Semua ini dilakukan, agar lulusan Universitas BSI mampu bersaing pada dunia Industri dan dunia kerja (Iduka). Termasuk lulusan jurusan manajemen Universitas BSI yang disiapkan untuk mampu menjawab segala tantangan dunia Iduka,” jelasnya.

Wahyudi mengatakan, upaya Universitas BSI tersebut akan memberikan bekal bagi mahasiswa untuk meraih cita-cita dan impiannya demi masa depan yang sempurna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com