Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Buka Sentra Vaksinasi di Kampus Salemba, Targetkan 5.000 Warga

Kompas.com - 07/09/2021, 16:37 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menambah Sentra Vaksinasi bagi sivitas akademika dan publik, Senin (6/9/2021), di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG UI).

Sentra Vaksinasi Kampus Salemba memberikan vaksinasi gratis di Kampus Salemba sebagai salah satu upaya menekan angka penyebaran Covid-19 dengan menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) serta membantu dan mendukung upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Direktur Kerja Sama, Toto Pranoto menyampaikan target peserta dari Sentra Vaksinasi Kampus Salemba adalah 5.000 akseptor yang berasal dari warga sekitar dan DKI Jakarta, yang belum menerima vaksin Covid-19.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di Australia 2022, Senilai Rp 106 Juta Per Tahun

Dekan FKG UI, Lindawati mengatakan bahwa Sentra Vaksinasi Kampus Salemba akan berlangsung selama sepuluh hari dari tanggal 6-17 September 2021 dengan target 500 orang per hari.

“Sejak 14 Januari 2021 RSKGM FKG UI telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebagai salah satu tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan Sentra Vaksinasi ini juga melibatkan alumni,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UI, Ari Kuncoro dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa saat ini UI berinisiasi untuk membantu pemerintah dalam upaya menciptakan herd immunity di wilayah Jabodetabek.

“Kami sangat meyakini, kegiatan ini dapat mengakselerasi, kapasitas jumlah masyarakat, yang mengikuti vaksinasi, dalam rangka mendorong percepatan pemulihan sektor kesehatan dan ekonomi di masa post-Covid-19,” ujarnya.

Wamenkes RI, Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa ada empat pilar mengatasi pandemi Covid-19 yakni, aspek deteksi yaitu testing dan tracing merupakan salah satu tulang punggung.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Kedua, lanjut dia, adalah theraupetic di mana upaya ini memberikan guidance untuk melakukan protokol kesehatan dan pengobatan di RS.

Lalu, ketiga adalah edukasi kepada masyarakat agar mengambil bagian di tempatnya masing-masing melalui protokol kesehatan yang sudah dibuat pemerintah, dan yang terakhir adalah program vaksinasi.

“Vaksinasi menjadi sangat penting karena data dari angka kematian di RS adalah 94% yang meninggal belum menerima vaksinasi. Dalam program aktivasi vaksinasi, saat ini arahan presiden adalah 2, 3 juta dosis per hari untuk mencapai percepatan imunitas kepada hampir seluruh masyarakat Indonesia dengan total jumlah penduduk 208 juta jiwa. Agar kegiatan percepatan vaksinasi ini tercapai dibutuhkan sinergi tidak hanya dari pihak pemerintah, namun bantuan pihak swasta, berbagai institusi, organisasi sosial, TNI, dan POLRI,” ujarnya.

Pendaftaran Sentra Vaksinasi UI Salemba dilakukan secara daring (online) melalui akses scan QR code atau pada tautan http://tiny.cc/VAKSIN-RSKGM-UI-500 

Pelayanan sentra vaksinasi Covid-19 UI Salemba beroperasi pada hari Senin-Jumat (09.00 WIB – 15.00 WIB), di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut, Fakultas Kedokteran Gigi, Jalan Salemba Raya No.4, Jakarta Pusat.

Baca juga: Wings Group Buka 12 Lowongan Kerja untuk Lulusan D3-S1

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com