Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2021, 20:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com -  SMA Kolese Kanisius Jakarta kembali menggelar Pameran Pendidikan bertajuk "The 21st Canisius (Virtual) Education Fair" pada 10-12 September 2021 dengan mengusung tema “Cross The Limit”.

Pameran pendidikan diikuti 84 partisipan terdiri dari 22 perguruan tinggi dalam negeri berakreditasi baik, 37 perguruan tinggi luar negeri, 12 perwakilan kedutaan besar negara sahabat serta 13 institusi layanan pendidikan.

Pameran pendidikan diawali dengan pertunjukan tarian kolosal “Senyum Indonesia” oleh 280 siswa dan penampilan dari Canisius Wind Ensemble.

Setelah itu, Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim memberikan kata sambutan sebagai penanda resmi dibukanya Pameran Pendidikan SMA Kolese Kanisius.

Pameran Pendidikan yang digelar selama 3 hari ini diikuti siswa, guru, orangtua dan masyarakat umum di seluruh Indonesia dengan mengunduh Aplikasi Canisius Edufair 2021 di Appstore atau Playstore.

Para pengunjung dapat melihat booth pameran virtual perguruan tinggi dan bertanya langsung melalui chat, juga dapat mengikuti kegiatan presentasi perguruan tinggi, presentasi jurusan, presentasi pendidikan.

Selain itu disampaikan pula presentasi beragam program beasiswa dari kedutaan negara sahabat serta sosialisasi Penerimaan Siswa Baru SMA Kolese Kanisius Tahun Pelajaran 2022/2023.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Semangat dan harapan di tengah pandemi

Kepala SMA Kolese Kanisius Pater Eduard C. Ratu Dopo, SJ menyatakan, pada tahun 2021 ini, pihaknya kembali menghadirkan Pameran Pendidikan Virtual, agar di tengah pandemi yang belum juga selesai ini, semangat dan harapan bagi masa depan yang lebih baik tetap dibangkitkan, tentunya dengan segala persiapan menuju masa depan tersebut.

Segala keterbatasan aktivitas belajar mengajar yang dialami sejak pandemi Covid-19, tidak boleh menjadikan kita berhenti dan berputus asa, justru harus menembus batas.

“Adaptasi yang kita lakukan sejak tahun 2020 tentunya masih harus kita lakukan terus. Selama satu tahun ini, kita dihadapkan pada keterbatasan dalam menjalani aktivitas. Belajar dari rumah, rapat dari rumah, mengajar dari rumah, bahkan acara-acara pameran pun kita ikuti dari rumah," ungkap Pater Eduard C. Ratu Dopo, SJ yang akrab dipanggil Pater Edu.

Pater Edu menambahkan, "keterbatasan ini tidak boleh menjadi penghalang bagi kita untuk melakukan aktivitas- aktivitas yang bermanfaat, terutama juga dalam mempersiapkan rencana studi di masa depan nanti."

"Kita harus siap menembus batas, walaupun dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. Itulah mengapa tahun ini kita mengambil tema Cross The Limit," tambahnya.

Ketua Panitia The 21st Canisius (Virtual) Education Fair, Thomas Daru Pranowo menyatakan, pameran pendidikan ini digelar untuk membantu para siswa dan orangtua mencapai kemantapan dalam pemilihan studi lanjutan.

“Dengan adanya informasi yang jelas, jujur dan terbuka dari SMA Kolese Kanisius, perguruan tinggi dan institusi pendidikan, baik dari dalam maupun luar negeri, perwakilan kedutaan dari negara-negara sahabat serta perwakilan lembaga asing akan sangat membantu para peserta didik dalam menentukan pilihan studi lanjutan yang tepat sesuai dengan minat dan bakat mereka," jelasnya.

Pameran Pendidikan SMA Kanisius tahun 2020 lalu, dikunjungi lebih dari 13.000 orang dari dalam dan luar negeri secara virtual. Pater Edu berharap pada pameran endidikan tahun ini, jumlah pengunjun hadir secara virtual dapat melebihi jumlah pengunjung tahun lalu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com