Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Lambang Pancasila, Siswa Wajib Paham

Kompas.com - 04/10/2021, 08:48 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Para pendiri bangsa Indonesia telah berhasil merumuskan Pancasila. Tentu, Pancasila sebagai landasan dan ideologi bagi bangsa Indonesia tak hanya sebatas identitas dan simbol saja.

Tetapi juga mencerminkan makna dan nilai-nilai luhur di dalamnya. Apakah siswa sekolah sudah paham arti lambang Pancasila?

Melansir akun Instagram Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Minggu (3/10/2021), Lambang Pancasila adalah burung Garuda dengan 5 perisai yang melambangkan setiap silanya mulai dari sila ke-1 hingga sila ke-5.

Baca juga: Siswa, Ini 5 Makna Lambang Pancasila

Lambang Garuda Pancasila merupakan lambang negara yang terdiri atas kumpulan lambang-lambang yang memiliki arti dan makna tersurat maupun tersirat.

Dikutip dari buku "Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan" oleh Dr. H. Muhammad Rakhmat, SH., MH, makna atau arti lambang Pancasila adalah sebagai berikut:

Burung Garuda

Burung Garuda melambangkan kekuatan dan gerak yang dinamis yang terlihat dari sayapnya yang mengembang, siap terbang ke angkasa.

Dengan sayapnya yang mengembang siap terbang ke angkasa, melambangkan dinamika dan semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia.

Cengkraman kaki Burung Garuda

Kedua kaki Burung Garuda yang kokoh mencengkeram pita putih yang bertuliskan seloka yang berbunyi: Bhinneka Tunggal Ika. Seloka ini diambil dari buku-buku Surasoma, karangan Empu Tantular.

Baca juga: Siswa, Ini Bunyi Pancasila dan Makna 5 Lambangnya

Bhinneka Tunggal Ika artinya "berbeda-beda tetapi satu jua". Slogan ini menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang memiliki perbedaan suku, agama, budaya, dan sebagainya.

Warna Emas

Warna pokok dari Burung Garuda adalah kuning emas. Warna kuning emas melambangkan keagungan. Bangsa Indonesia senantiasa menjunjung tinggi martabat bangsa yang bersifat agung dan luhur.

Jumlah Bulu

17 helai bulu sayap kanan dan kiri adalah tanggal kemerdekaan Indonesia.

45 helai bulu leher adalah tahun kemerdekaan Indonesia.

19 helai bulu pangkal ekor adalah tahun kemerdekaan Indonesia.

8 helai bulu ekor adalah bulan kemerdekaan Indonesia.

Jadi angka-angka yang menunjuk tanggal 17 Agustus 1945 ini bermakna historis untuk membangun proses penyadaran bagi setiap warga negara Indonesia agar menghargai waktu dan selalu mengingat sejarahnya.

Perisai

Perisai merupakan lambang perjuangan dan perlindungan, karena perisai sering dibawa ke medan perang oleh para prajurit untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Garis melintang yang membagi perisai menjadi ruang atas dan bawah melambangkan garis Khatulistiwa yang memang membelah Kepulauan Indonesia.

Baca juga: Kemendikbud: Ini 6 Profil Pelajar Pancasila

Perisai yang merupakan lambang perjuangan dan perlindungan ini terbagi atas lima bagian, yang masing-masing melambangkan sila-sila dalam Pancasila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com