Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2021, 14:08 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pekerjaan mapan dengan gaji besar mungkin menjadi impian setiap orang. Dengan hal ini, seseorang bisa memiliki masa depan yang baik dan cemerlang.

Namun cita-cita tersebut tentunya harus dibarengi dengan sejumlah usaha. Pendidikan menjadi faktor utama yang harus dikejar terlebih dahulu.

Untuk memperoleh pendidikan yang menjamin cita-cita itu, seseorang harus bisa memilih jurusan dan universitas yang tepat.

Bagi Anda yang tertarik bekerja di bidang teknologi dan komputer, jurusan sistem informasi (SI) mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Universitas BSI Luncurkan Solusi Kreatif Daftar Kuliah Tanpa Ribet

Pasalnya, jurusan tersebut menjanjikan prospek karier serta gaji yang besar bagi para lulusannya.

Sebagai informasi, SI merupakan bidang ilmu yang menggabungkan antara ilmu komputer dengan bisnis serta manajemen.

Setiap orang yang mengambil jurusan tersebut bisa belajar tentang cara identifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahaan hingga menyusun sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tidak heran, para lulusan SI bisa langsung turun ke dunia kerja. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang membutuhkan skill dan keterampilan lulusan SI.

Baca juga: Lulusan dari 9 Jurusan Kuliah Ini Berpeluang Miliki Gaji Besar

Lulusan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan, baik swasta maupun negeri. Sebab, jurusan ini menjembatani programmer dengan user.

Selain memiliki prospek karier yang gemilang, salary atau gaji yang diterima para lulusan SI juga sangat bisa diperhitungkan.

Melansir situs Jobskarir.id, secara umum, gaji awal lulusan SI berada pada kisaran Rp 5 juta dengan posisi sebagai staf bidang teknologi informasi di suatu perusahaan.

Namun, pada kenyataannya, nominal gaji tersebut sangat bergantung pada tempat kerja serta kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

Baca juga: Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Apa Saja Keunggulannya?

Semakin tinggi skill dan kemampuan yang dimiliki seseorang, semakin tinggi pula gaji yang akan didapatkan.

Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/10/2021), membahas sejumlah prospek karier bagi lulusan SI yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Business analyst

Business analyst merupakan salah satu jabatan dalam pekerjaan yang memiliki peranan penting. Sebab, pekerjaan ini bertugas untuk menjembatani manajemen dengan pemegang saham serta tim IT dengan user.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com