Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2021, 12:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang ingin melanjutkan kuliah, maka harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Tentu yang paling penting ialah menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Hal itu disebabkan jurusan yang kamu pilih akan menentukan masa depan dan prospek kerja. Apa saja persiapan yang bisa dilakukan sebelum menentukan jurusan kuliah?

Memilih jurusan kuliah yang tepat kadang menjadi tantangan tersendiri bagi para pelajar yang sudah memasuki tahun terakhir SMA.

Baca juga: Tidak Jago Matematika, 10 Jurusan Kuliah Ini Bisa Jadi Pilihan

Hal itu tentunya memerlukan pertimbangan yang matang. Selain berkaitan dengan prospek karir, kamu juga harus memperhatikan minat dan bakatmu.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat memilih jurusan kuliah. Berikut 4 kunci sukses memilih jurusan kuliah yang dilansir dari laman resmi Institut Teknologi Batam (Iteba).

1. Pahami jurusan kuliah yang jadi tujuan

Di Indonesia, ada banyak kampus juga banyak jurusan kuliah. Setiap jurusan tentunya mempelajari hal yang berbeda-beda. Maka kamu harus benar-benar memahami jurusan yang akan dipilih.

Biasanya, siswa saat memasuki tingkat akhir di SMA terdapat bimbingan konseling untuk siswa. Guru BK tersebut akan menjelaskan mengenai jurusan perkuliahan dan merekomendasikannya kepadamu sesuai dengan prestasi atau pencapaian selama kamu bersekolah.

Bimbingan konseling akan memberikan gambaran umum tentang jurusan perkuliahan. Setelah itu, kamu harus mencari informasi yang lebih mendalam tentang jurusan yang kamu minati. Kamu bisa mencarinya lewat berbagai situs internet.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya langsung kepada para senior yang sudah menekuni jurusan tersebut. Pemahaman jurusan kuliah sangat penting supaya kamu tidak salah jurusan.

Baca juga: Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah, Mahasiswa ITS Gagas Platform Ini

2. Harus objektif

Menentukan jurusan kuliah tidak dapat dilakukan dengan subjektif. Jika kamu menyukai satu jurusan kuliah, kamu bisa mendiskusikannya dengan orang-orang di sekitarmu, terutama dengan orang tuamu. Biasanya, mereka akan memberikan solusi yang bisa dipertimbangkan kembali.

Kamu juga bisa mendiskusikannya kembali dengan guru BK di sekolah. Tentunya, beliau juga akan memberikan beberapa informasi dan saran kepada kamu.

Setelah itu, barulah kamu cari informasi jurusan tersebut secara mandiri melalui internet. Dengan demikian, kamu tidak akan subjektif saat memilih jurusan.

3. Pertimbangkan prospek karir

Ketika mempertimbangkan jurusan kuliah, kamu harus memahami prospek kerja dari jurusan tersebut. Saat ini banyak orang yang memilih jurusan kuliah dengan tujuan dapat bekerja dengan gaji besar. Namun, sebaiknya kamu juga memilih jurusan yang cocok dengan minat bakatmu.

Setelah kamu merasa cocok dengan jurusan tersebut, nantinya kamu dapat menikmati masa perkuliahanmu dan menjalaninya dengan baik. Secara otomatis, kamu akan termotivasi untuk lebih rajin berkuliah serta aktif di kampus.

Jangan terlalu berfokus pada prospek karir dengan gaji besar. Pastikan kamu nyaman dan mampu menghadapi perkuliahan tanpa harus mengalami stres.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Anak IPA dengan Prospek Kerja Cerah

4. Jurusan kuliah harus menantang

Tak kalah penting ialah memilih jurusan kuliah yang cocok dan menantang. Seseorang akan berkembang jika menghadapi tantangan dan permasalahan yang belum pernah dihadapi.

Hal itu juga akan membuatmu semakin siap menghadapi dunia kerja atau demi masa depan yang lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com