Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Jitu Tingkatkan Konsentrasi Belajar Siswa

Kompas.com - 21/10/2021, 06:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

Sumber Aku Pintar

KOMPAS.com - Konsentrasi siswa dalam belajar perlu dijaga agar ia mudah memahami tema yang sedang diajarkan oleh guru maupun orangtua.

Namun, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi rentan membuat siswa teralihkan perhatiannya selama belajar.

Ada sejumlah penyebab menurunnya konsentrasi belajar siswa di rumah, antara lain suasana belajar yang tidak kondusif, penggunaan gadget yang berlebihan, kualitas tidur yang rendah, rasa tidak suka pada pelajaran tertentu, serta kurangnya motivasi dari dalam diri siswa dalam meraih target hasil belajar.

Baca juga: Sekolah Pelita Harapan Buka Beasiswa bagi Siswa Se-Indonesia, Senilai Rp 33 Miliar

Meski tak suasana tak sekondusif di ruang kelas, ada sejumlah cara yang bisa digunakan guru maupun orangtua untuk memaksimalkan konsentrasi siswa dalam belajar, merangkum laman platform edukasi Aku Pintar:

1. Meminimalisir distraksi saat belajar

Posisi bangku dan kursi yang digunakan siswa sedikit banyak dapat mempengaruhi kenyamanan dalam belajar. Bila memungkinkan, pastikan posisi dan jenis kursi harus baik dan seimbang.

Suara berisik juga dapat mengganggu siswa dalam belajar. Guru harus membuat kesepakatan tegas dengan siswa kapan boleh bertanya, berpendapat, atau berbicara, terutama dalam kelas online. Dengan demikian suasana belajar akan lebih kondusif.

2. Memastikan siswa siap belajar

Siswa yang tidak siap belajar memiliki kecenderungan untuk tidak fokus.

Untuk mendorong kesiapan belajar, guru dan orangtua perlu mendorong dan memastikan siswa untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk belajar seperti buku, alat tulis, dan alat penunjang lain yang di butuhkan.

Baca juga: Aplikasi Ini Bantu Siswa Pecahkan Soal Matematika

Hal berikutnya yang dapat guru lakukan untuk membuat siswa fokus dan siap belajar adalah dengan memberikan kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti "ice breaking" yang dapat membuat siswa fokus kembali pada pelajaran.

3. Menerapkan metode mengajar yang tepat

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk melatih konsentrasi siswa adalah dengan menerapkan metode belajar yang tepat.

Ada banyak metode mengajar, tetapi tidak semua metode dapat diterapkan pada materi pelajaran. Materi tertentu mungkin hanya cocok jika menggunakan metode mengajar tertentu.

Metode mengajar yang sesuai dengan karakter siswa dan kebutuhan siswa akan membuat pembelajaran menjadi bermakna dan lebih menyenangkan. Dengan demikian siswa menjadi lebih bersemangat dan fokus saat belajar.

4. Memberikan waktu istirahat yang cukup

Cara melatih otak agar fokus adalah dengan memberikan siswa waktu istirahat yang cukup, tidak terlalu singkat dan juga tidak terlalu lama.

Kondisi fisik dan juga psikis siswa sangat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Salah besar jika orangtua ingin membuat anak konsentrasi belajar dengan meminta mereka belajar terus menerus tanpa henti.

Istirahat tidak selalu dengan membiarkan siswa berkeliaran di luar kelas. Guru dapat memberikan jeda belajar saat melihat siswa kelelahan.

Guru dapat mengisi dengan bercerita atau deretan aktivitas lain yang dapat membuat siswa fresh dan siap belajar kembali.

5. Mengajak bermain game untuk meningkatkan konsentrasi

Melatih konsentrasi dan fokus belajar siswa dapat dilakukan dengan mengajak mereka bermain game untuk meningkatkan konsentrasi.

Contoh game yang dapat menjadi alternatif cara fokus belajar siswa misalnya tebak gambar, memory game, pesan berantai, freeze game, simon says dan masih banyak lagi. Guru dapat memodifikasi game-game yang sudah ada disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter siswa.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Aku Pintar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com