Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Yuk Belajar Literasi Finansial ala Hometown Cha-Cha-Cha

Kompas.com - 26/10/2021, 14:16 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski sudah berakhir, namun drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha masih banyak diperbincangkan khalayak ramai.

Drama yang dibintangi Shin Min A dan Kim Seon Ho ini memang sarat makna dan banyak pelajaran tentang kehidupan yang bisa dipetik.

Bagi mahasiswa, dari drama Hometown Cha-Cha-Cha juga bisa belajar tentang pentingnya mengatur keuangan.

Mau tahu pelajaran terkait finansial apa saja yang bisa dipetik dari drama ini. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Baca juga: KPP Mining Buka 8 Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK-S1, Yuk Daftar

Melansir dari salah satu platform edukasi di Instagram, @campuspedia, Selasa (26/10/2021), mahasiswa bisa belajar financial literacy atau literasi finansial ala Hometown Cha Cha Cha dari beberapa tokoh di drama ini.

1. Pentingnya punya uang tunai

Bagi pecinta drama ini tentu ingat episode awal ketika Hye Jin pertama kali ke Gongjin. Ada masalah dengan sistem perbankan di desa itu sehingga Hye Jin tidak bisa mengambil uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Tidak bisa mengambil uang tunai, Hye Jin mengalami kesulitan ketika harus membayar minuman yang dipesannya. Meski saat ini transaksi serba digital namun penting sekali untuk tetap mempunyai uang tunai.

Baca juga: Tips Optimalkan Instagram Sebagai Media Promosi Jualan dari Dosen BSI

Sehingga ketika terjadi kendala teknis seperti masalah internet, kamu tetap bisa bertransaksi dengan lancar.

2. Boleh self reward, asal

Hye Jin merupakan seorang dokter gigi dan mandiri secara finansial. Karena kerja kerasnya, Hye Jin suka memberi self reward. Mulai dari membeli sepatu mahal, membeli baju dari berbagai negara hingga membeli kalung berlian.

Namun pastikan hal ini setara dengan kebahagiaan jangka panjangmu. Dan yang paling penting, jangan sampai lebih dari 20 persen dari penghasilan yang diperoleh tiap bulan ya.

Baca juga: Ini Lho Waktu Terbaik bagi Otak untuk Belajar dan Istirahat

3. Miliki beberapa sumber penghasilan

Yeo Hwa Jeong menjadi salah satu tokoh perempuan dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha yang dikenal kuat dan memiliki karakter peduli dengan banyak orang.

Ibu dari Ijun ini membuka restoran sashimi yang jadi sumber penghasilan aktifnya. Tapi dia juga punya beberapa penghasilan pasif dari beberapa properti yang disewakan yaitu rumah sekaligus klinik dokter gigi yang digunakan Hye Jin.

4. Pentingnya punya tabungan

Kamu juga bisa belajar literasi finansial dari second couple dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha, Eun Cheol dan Mi Seon. Keduanya saling terbuka satu sama lain. Termasuk tentang kebiasaan mereka mengelola keuangan.

Eun Cheol mengaku kalau keuangannya terbatas karena dia menabung 70 persen dari gajinya, membayar asuransi kesehatan dan punya tabungan rumah. Bahkan kamu juga harus meniru kebiasaan Eun Cheol untuk memberikan donasi sedikit dari penghasilan. 

Baca juga: 8 Universitas dengan Jurusan Bahasa Asing Terbaik di Indonesia

Itulah literasi finansial yang bisa dipelajari dari drama Hometown Cha-Cha-Cha. Dengan mengelola finansial dengan bijaksana sejak muda berarti mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com