Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2021, 10:02 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menguasai bahasa asing sangat penting dimiliki mahasiswa di era globalisasi. Dengan keterampilan menggunakan bahasa asing juga bisa memperbesar peluangmu mendapatkan pekerjaan.

Selagi masih muda, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa jago bahasa asing. Merangkum dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat, Minggu (31/10/2021), ada tips jago berbahasa asing dari Fiki Naki.

Muhammad Fiqih Ayatullah atau lebih dikenal dengan nama Fiki Naki adalah seorang youtuber, pembuat konten dan seorang streamer.

Fiki Naki makin dikenal masyarakat luas karena memiliki kemampuan sebagai polyglot, yakni orang yang mampu menguasai banyak bahasa sekaligus. Yuk simak bersama tips jago bahasa asing ala Fiki Naki.

Baca juga: Akademisi UGM: Pemuda Perlu Dukungan Jaminan Kesejahteraan Sosial

Tips jago bahasa asing ala Fiki Naki

1. Niat dan konsisten

Jago bahasa asing tidak bisa diraih dengan cara instan, semua membutuhkan proses. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun niat dan tentunya konsisten. Kedua hal ini yang selalu diterapkan Fiki Naki dalam prosesnya hingga akhirnya dia mahir beberapa bahasa asing sekaligus.

2. Sering berlatih dan jangan takut salah

Terlibat dalam interaksi langsung dengan orang yang berbeda bahasa akan menumbuhkan rasa percaya diri. Mengenal berbagai kosakata baru dan akses yang tepat.

Untuk itu, jangan takut salah mengucapkan kata atau grammar sebab ketakutan tersebut akan memupus usaha untuk terus berkembang.

Baca juga: Anak Usaha Kalbe Farma Buka Lowongan Kerja Lulusan D3-S1, Ayo Daftar

3. Jadikan hobi dan tentukan metode belajar

Fiki menjadikan bahasa sebagai hobinya. Hal inilah yang mendorongnya untuk terus belajar bahasa asing. Fiki mengaku, menonton film menjadi salah satu metode efektif untuk belajar. Ketika memilih metode listening atau watching.

4. Manfaatkan media online seefektif mungkin

Berbagai platform online seperti YouTube menyediakan banyak konten bahasa yang bisa dipelajari.

Menonton video dari vlogger berbagai negara lain menjadi salah satu media pembelajaran. Setelah mempelajarinya, kamu bisa menggunakan media online untuk mempraktikkan secara langsung seperti yang dilakukan Fiki di Ome TV.

Baca juga: Tips Pemulihan Pasca-infeksi Covid-19 dari Dokter RSA UGM

Itulah tips jago bahasa asing ala Fiki Naki. Tidak ada yang tidak mungkin jika kamu mau berusaha dan tekun belajar. Seperti Fiki Naki yang tidak perlu belajar ke luar negeri sudah bisa menguasai sejumlah bahasa asing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com