Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mahasiswa UP Ciptakan Lapangan Kerja, Bantu Kurangi Pengangguran

Kompas.com - 01/11/2021, 17:13 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap kenaikan angka pengangguran di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) kelompok usia 20 hingga 24 tahun hingga Februari 2021 mencapai 17,66 persen. Sementara, untuk kelompok usia 25 hingga 29 tahun, angkanya menyentuh 9,27 persen.

BPS juga menyebut, pandemi telah meningkatkan angka kemiskinan di Indonesia. Pada Maret 2021, jumlah penduduk miskin Indonesia mencapai 27,54 juta orang.

Angka tersebut membuat tingkat kemiskinan di Indonesia mencapai 10,14 persen dari total populasi nasional. Terutama di pedesaan, BPS mencatat indeks kedalaman kemiskinan di pedesaan menembus angka 2,27 persen. Jauh lebih tinggi dibandingkan perkotaan yang hanya menyentuh angka 1,29 persen.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Membantu mengurangi jumlah pengangguran yang berdampak pada turunnya kemiskinan Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina menggagas proyek budidaya pakan hewan ternak dari sampah organik.

Proyek budidaya pakan hewan ternak dari sampah organik dilakukan di Desa Simpang, Kecamatan Merigi, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.

Ketua tim mahasiswa, Abid Naufal Khairan mengatakan ide ini muncul ketika dirinya melihat banyak sampah sayur dan buah yang membusuk di sepanjang jalan lintas Kabupaten Curup-Kepahiang.

“Ide ini muncul ketika saya melewati jalan lintas Kabupaten Curup-Kepahiang dan melihat banyak sampah sayur dan buah yang membusuk di sepanjang jalan. Ada potensi lapangan kerja yang bisa diciptakan khususnya untuk pemuda seusia saya,” ungkap Abid dalam keterangan tertulis Universitas Pertamina.

Kabupaten Kepahiang sendiri merupakan penghasil komoditi pertanian sekaligus penyumbang sampah organik terbesar di provinsi Bengkulu. Jumlah sampah organik yang dihasilkan mencapai 74% dari total sampah di Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Cerita Horor Mahasiswa di 9 Kampus Indonesia, Ada Kampus Kamu?

“Sampah organik ini akan kami urai menjadi maggot, sejenis organisme yang berasal dari larva Black Soldier Fly (BSF). Maggot merupakan pakan ternak yang mengandung lemak dan protein melimpah. Maggot juga bisa dijadikan sebagai pupuk organik yang aman bagi pertanian,” ujarnya.

Melalui proyek budidaya maggot ini, Abid dan tim berharap tidak hanya dapat mengentaskan permasalahan kepemudaan seperti penciptaan lapangan kerja, tetapi juga mengentaskan permasalahan ekonomi dan lingkungan secara bersamaan.

Dilansir dari data BPS Provinsi Bengkulu pada Agustus 2020, setidaknya 9.338 orang di daerah tersebut tidak mendapatkan pekerjaan atau kehilangan pekerjaan sejak pandemi Covid-19. Sementara itu, sebanyak 114.142 orang mengalami pengurangan jam kerja yang berdampak pada penurunan penghasilan.

Proyek gagasan Abid dan tim mendapat perhatian dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Program ini memperoleh pendanaan dan pembinaan dari kemendikbud Ristek melalui Program Holistik Bina Desa (PHBD) senilai 40 juta Rupiah.

“Program yang masih berlangsung ini berisi sosialisasi, pelatihan, pembentukan Struktur Organisasi untuk memisahkan uraian pekerjaan masing-masing pihak, implementasi, pemasaran dan publikasi produk, serta monitoring dan evaluasi. Saat ini, anggotanya berjumlah 30 orang yang terdiri dari pemuda desa dan volunteer dari mahasiswa dan beberapa organisasi kepemudaan daerah,” tutur Abid.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Selain usaha yang dilakukan Abid dan tim, Universitas Pertamina terus melibatkan mahasiswa dalam pengelolaan desa-desa binaan dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Di salah satu desa binaan yang berlokasi di Tenjo misalnya, mahasiswa melakukan berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur seperti pembuatan sumur bor, sanitasi, Tempat Pembuangan Akhir, dan pelatihan kewirausahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com