Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua BNSP Pimpin Langsung Asesmen Penuh terhadap LSP K3 Nasional

Kompas.com - 08/11/2021, 11:47 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kunjung Masehat memimpin langsung tim asesor lisensi untuk melakukan asesmen penuh terhadap Lembaga Sertifikasi Profesi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (LSP K3 Nasional).

Asesmen berlangsung di kantor LSP K3 Nasional yang berada di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara, pada Jumat (5/11/2021).

Sebagai informasi, BNSP adalah lembaga independen yang memberikan lisensi kepada LSP untuk melakukan sertifikasi kompetensi kerja untuk profesi di Indonesia.

Lisensi BNSP kepada LSP dilaksanakan melalui proses asesmen penuh. LSP harus memenuhi dan menerapkan sistem manajemen mutu, dan memiliki kompetensi teknis sesuai pedoman yang dipersyaratkan oleh BNSP.

Baca juga: Kemenaker Berikan Dukungan pada LSP K3 Nasional untuk Dapatkan Lisensi dari BNSP

Melalui asesmen tersebut, Ketua BNSP dan tim asesor lisensi melakukan sejumlah penilaian terhadap kemampuan LSP K3 Nasional untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi dengan mengacu kepada pedoman BNSP—yang relevan sebagai persyaratan LSP sebagai pihak ketiga.

“Semua sudah bagus, hanya memang ada beberapa temuan yang harus segera dilengkapi oleh LSP K3 Nasional agar dapat segera diplenokan untuk memperoleh keputusan lisensi dan lanjut ke penyaksian uji kompetensi,” tutur Kunjung dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (8/11/2021).

Sesuai mandat surat edaran BNSP nomor SE.003/BNSP/VIII/2021 tentang Penyesuaian SOP Sistem Manajemen Mutu LSP, semua LSP diwajibkan menyesuaikan SOP sistem manajemen mutu LSP yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) nomor 333 tahun 2020.

Dalam hal itu, LSP K3 Nasional telah menyesuaikan SOP sistem manajemen mutu sesuai standar terbaru.

Melalui asesmen tersebut, Ketua BNSP dan tim asesor lisensi melakukan sejumlah penilaian terhadap kemampuan LSP K3 Nasional.Istimewa Melalui asesmen tersebut, Ketua BNSP dan tim asesor lisensi melakukan sejumlah penilaian terhadap kemampuan LSP K3 Nasional.

“Harapan kami, LSP K3 Nasional ke depan bisa semakin berkembang dan bisa memberikan sertifikasi sumber daya manusia (SDM) keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang kompeten sehingga mampu bersaing di taraf nasional dan internasional,” kata Kunjung saat mengakhiri asesmen penuh terhadap LSP K3 Nasional.

Sebagai LSP pihak ketiga di bidang K3 dengan cakupan layanan seluruh Indonesia, LSP K3 Nasional telah mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui Direktorat Bina Pengujian K3 Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3.

Perlu diketahui, LSP K3 Nasional melayani kebutuhan sertifikasi kompetensi K3 di seluruh wilayah Indonesia dengan skema sertifikasi Ahli K3 Umum, Auditor SMK3, dan skema-skema K3 lainnya sesuai kebutuhan industri di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com